Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barikade Pengaman Pasar MPV oleh Toyota

Kompas.com - 25/07/2016, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bicara multi purpose vehicle (MPV), model terlaris di Indonesia, sulit terpisahkan dari Toyota. Munculnya berbagai model baru dari kompetitor di segmen yang sama, membuat Toyota Indonesia merapatkan barisan.

Status mobil terlaris di Indonesia, masih dipegang oleh Toyota Avanza di segmen low MPV. Segmen medium MPV, Kijang Innova sulit tertandingi oleh merek manapun. Sedangkan, kelas premium, ada Alphard yang saat ini berstatus sebagai "mobil sejuta umat" orang kaya di Indonesia.

Namun, tiga modal utama ini saja belum cukup. Memang Toyota masih punya NAV-1, yang bisa dibilang kurang "nyaring bunyinya". Guna mengamankan pasar, Toyota kemudian menyasar segmen baru, ceruk antara Avanza dan Innova, berkarakter pintu geser, yakni Sienta.

Mengingat masih banyak orang Indonesia yang hanya bisa bermimpi punya mobil, segmen pembeli pertama juga tak mau dilepas. Lewat skema low cost and green car (LCGC), kolaborasi keeempat Toyota dan Daihatsu untuk menggarap Indonesia kembali lahir, lewat duo model Calya dan Sigra.

“Bertambahnya line up produk MPV sudah jadi kebutuhan, mau tidak mau seperti itu. Bahkan ini akan membuat Toyota semakin mudah untuk menjaring konsumen, arena banyaknya pilihan,” ujar Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), Sabtu (23/7/2016).

Istimewa All-New Toyota Kijang Innova

Pasar Utama

Anton menambahkan, pasar mobil di Indonesia masih akan berpihak pada kendaraan berkapasitas tujuh penumpang (MPV). Komposisi pasar yang pasti dan segmen konsumen yang mau dibidik, membuat Toyota tak mau kehilangan kesempatan.

“Kita masih percaya kalau keyword di pasar dalam negeri masih tujuh penumpang. Bukan  selamanya seperti itu, tapi sejauh ini, nuansa kebersamaan dengan keluarga, dan hubungan sosial, masih karakter Indonesia, jika dibanding dengan negara lain. Ini mengapa Toyota Jepang berani memperkenalkan Sienta di sini, setelah Jepang,” ujar Anton.

Anton melanjutkan, selain karena hal itu, kehadiran Sienta, demi semakin memperkuat dominasinya di segmen MPV roda empat. Jadi bukan lagi hanya sebatas Innova dan Avanza, tetapi kali ini ada Sienta, untuk ikut bertarung di segmen ini.

“Produk Sienta ini untuk memastikan dominasi kami di segmen MPV itu tetap terjaga. Ini sebenarnya yang jadi inti padatnya segmen MPV, yang salah satunya diisi oleh Sienta,” ujar Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com