Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Sedikit Konsumen Toyota yang Ikut “Recall”

Kompas.com - 23/07/2016, 11:30 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Toyota Astra Motor (TAM) baru saja mengumumkan recall (kampanye perbaikan massal) produknya yang sudah beredar di pasar, Senin (22/7/2016). Sejumlah mobil yang harus mengalami perbaikan mencapai angka 40.280 unit, karena permaslahan inlflator airbag.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan, usai dua hari pengumuman recall TAM, pihaknya baru saja menerima 100 konsumen. Angka ini masih sangat jauh jika dibanding dengan jumlah yang dikenakan recall.

Budaya recall sendiri untuk kendaraan bermotor di Indonesia khususnya mobil belum begitu familiar, dibanding dengan di luar negeri. Padahal ini terkait dengan masalah tanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamana konsumen, oleh pabrikan.

“Iya saya baru mendapatkan laporan, kalau per-dua hari lalu usai publikasi besar-besaran, baru mencapai 100 kendaraan. Hampir 95 persen melalui situs resmi dari 5 persen melalui call centre,” ujar Henry kepada KompasOtomotif, Jumat (22/7/2016).

Dari angka tersebut, Henry mengatakan, kalau respon masyarakat terkait recall saat ini cukup baik, meski dari sisi jumlah masih sangat jauh dari jumlah mobil yang ditarik. Mobil yang terkena daftar recall di Indonesia tahun ini, yaitu dari 2001 hingga 2008, untuk model Camry, Corolla, Vios, dan Yaris.

Konsumen hanya tinggal booking dan datang, dan perbaikan inflator tersebut hanya memakan waktu 2,5 jam, jadi tidak dikenakan biaya sama sekali.
Berikut situs yang bisa digunakan untuk mencari informasi, atau bisa datangi diler terdekat. www.toyota.astra.co.id. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com