Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicilan Bulanan Calya di Bawah Rp 3 Juta

Kompas.com - 23/07/2016, 08:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kebocoran informasi soal model baru Toyota Astra Motor (TAM), Calya, seakan tidak bisa dibendung lagi. Alirannya deras dari berbagai saluran, mengupas soal harga, spesifikasi, jadwal peluncuran, hingga yang tidak kalah menarik yaitu biaya cicilan.

Estimasi banderol kembaran Daihatsu Sigra ini mulai dari Rp 129,5 juta hingga Rp 149,5 juta. Rentang harga itu diisi dua varian, E dan G, yang masing-masing tersedia transmisi manual dan otomatis.

Sumber untuk Otomania.com MPV baru Toyota di kelas "mobil murah" diberi nama Calya.
Dari informasi diler Toyota, cicilan terendah buat Calya yaitu Rp 2,8 juta per bulan selama lima tahun untuk tipe manual. Syaratnya konsumen terlebih dahulu menyerahkan uang muka Rp 27 juta.

Tawarannya memang menggiurkan namun perlu diketahui skema hitungannya. Misalnya saja konsumen memilih varian E manual (non ABS) seharga Rp 129,5 juta, berarti total biaya yang dikeluarkan hingga lunas mencapai Rp 192,2 juta (59 bulan X  Rp 2,8 juta + Rp 27 juta).

Ada pilihan lain menggunakan uang muka yang sama, yakni cicilan Rp 3,2 juta per bulan dengan tenor empat tahun. Hitung-hitungan versi ini berarti total dana yang digelontorkan konsumen buat E manual (non ABS) hingga Rp Rp 177,4 juta.

Khusus buat tipe otomatis uang mukanya Rp 31 jutaan. Konsumen bisa memilih rentang waktu angsuran lima tahun dengan pembayaran Rp 3,3 juta per bulan atau empat tahun dengan cicilan Rp 3,7 per bulan.

Rencananya Calya baru meluncur pada 2 Agustus. Prediksinya, di Gaikindo Indonesia International Auto Show yang dibuka pada 11 Agustus TAM hanya tinggal jualan saja.

Estimasi harga
E 1.2L manual non ABS Rp 129,5 juta
E 1.2L manual Rp 132 juta
E 1.2L matik Rp 145 juta
G 1.2L manual Rp 137,5 juta
G 1.2L matik Rp 149,5 juta

Estimasi simulasi kredit
Tipe manual
Tenor 5 tahun, DP Rp 27 jutaan, angsuran Rp 2,8 juta/bulan
Tenor 4 tahun, DP Rp 27 jutaan, angsuran Rp 3,2 juta/bulan

Tipe otomatis
Tenor 5 tahun, DP Rp 31 jutaan, angsuran Rp 3,3juta/bulan
Tenor 4 tahun, DP Rp 31 jutaan, angsuran Rp 3,7 juta/bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com