Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Teknologi MotoGP Dijanjikan untuk CBR250RR

Kompas.com - 22/07/2016, 18:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ekspektasi tinggi dibebankan untuk CBR250RR yang akan meluncur Senin, (25/7/2016), mendatang, di Jakarta. Tak salah, karena Honda sendiri sudah mengakui, bahwa sepeda motor sport terbaru mereka itu akan menggunakan sederet teknologi canggih yang diturunkan dari MotoGP.

Dalam Test Ride Honda RC213V-S di Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat, (22/7/2016), Tetsuo Suzuki, Operating Officer, Representative of Motorcycle Development, Purchase and Production for Motorcycle Operations Honda Motor Co. Ltd. membuka tabir soal teknologi itu.

Dia tak mau secara detail mengungkap bahwa motor yang dimaksud adalah CBR250RR, namun dirinaya tak membantah, bahwa sepeda motor baru yang akan meluncur pekan depan sudah menerapkan salah satu teknologi penting.

”Seperti Honda RC213V-S yang baru saja Anda kendarai, kami akan menerapkan teknologi ride by wire yang menggantikan kabel untuk menarik throttle. ECU akan merespons bukaan gas dan menerjemahkan ke dalam tarikan yang presisi,” ujar Suzuki San kepada KompasOtomotif.

Meski Mr Suzuki hanya membocorkan satu teknologi untuk memperbaiki akselerasi, namun gosip yang beredar sudah cukup banyak. Di antaranya, penggunaan teknologi mode berkendara layaknya moge untuk menyesuaikan tenaga, torsi, dan kontrol motor terhadap gaya berkendara yang diingini.

Mesin 2-silinder juga sudah menjadi semacam ”kewajiban” buat Honda agar sejajar dengan pesaing. Sementara penggunaan suspensi upside down sudah terkuak saat Honda memberikan teaser.

Mr Suzuki pun tak mau membocorkan lebih detail tentang teknologi turunan MotoGP untuk motor sport terbaru Honda (baca: CBR250RR), dan dia hanya meminta KompasOtomotif untuk menunggu.

”Sabar, Anda akan menyadari bahwa teknologi yang kami terapkan tidak akan bisa dikejar (merek) yang lain,” ucap Suzuki San.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com