Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Jadi Penumpang di Kabin Sienta

Kompas.com - 22/07/2016, 07:11 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Setelah resmi diluncurkan, sejak April 2016 lalu, akhirnya Toyota Astra Motor (TAM) mengajak para jurnalis untuk mengikuti sesi tes drive Sienta dari Jakarta menuju Bandung, Kamis (21/7/2016). Dalam perjalan ini, total 10 unit Sienta disiapkan.

Bersama dengan 30-an media lain, KompasOtomotif turut serta untuk merasakan sesnasi Sienta dalam perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat. Untuk kali pertama, KompasOtomotif coba menikmati bagaimana menjadi penumpang pada Sienta tipe G transmisi manual.

Pertama, awak redaksi duduk di jok depan di samping pengemudi. Pada posisi ini, Sienta terasa lapang. Jok bisa maju-mundur, reclining, sampai pengaturan headrest naik dan turun, menyesuaikan postur tubuh penumpang.

Pandangan ke jendela depan terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan Avanza, terasa lebih rendah, jadi senyaman sedan. Nuansa serupa juga dirasakan sang pengemudi.

Ghulam/Otomania Menjadi penumpang di Toyota Sienta.

Puas menjadi penumpang depan, mulai dari rest area KM 72 tol Cipularang sampai keluar Bandung, KompasOtomotif pindah ke jok baris kedua. Pintu dengan sistem power sliding door (PSD) yang mampu terbuka cukup lebar, memudahkan untuk masuk, juga menambah kesan mewah.

PSD yang ada di Sienta tersebut juga dilengkapi oleh sensor yang bisa membuatnya berhenti menutup, ketika ada benda yang mengganjal, sehingga cukup aman. Pengujian dilakukan dengan meletakkan tangan dan hasilnya cukup baik, meskipun wajib tetap harus hati-hati, terutama jika bersama anak-anak.

Saat masuk, posisi leg room baris kedua cukup lega, meski setelan kursi belum dimundurkan. Suhu di kabin tengah juga terjaga baik dengan adanya rear blower. Bahkan, sampai baris ketiga udara dingin yang dihembuskan penyejuk ruangan terasa apik.

Namun, nampaknya akan terasa lebih nyaman ketika bangku baris kedua bermodel captain seat, di mana lengan memiliki tatakan untuk diistirahatkan. Kesempatan pertama ini, belum bisa membawa KompasOtomotif menjajal bangku baris ketiga, ini lantaran masih terisi penuh oleh barang bawaan.

Simak kelanjutan dari pengalaman KompasOtomotif bersama dengan Toyota Sienta.

Ghulam/KompasOtomotif Menjajal respon power sliding door ketka terganjal tangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com