Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Mitsubishi Mirip eX Concept

Kompas.com - 21/07/2016, 14:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sedikit tampang konsep MPV “sejuta umat” Mitsubishi mulai kelihatan dari satu foto teaser yang dirilis Kamis (21/7/2016). Kendati tidak semua bagian tubuhnya terbuka, desain mobil yang bakal diproduksi di Indonesia itu terlihat sangat mirip konsep crossover eX yang pernah mejeng di Tokyo Motor Show pada Oktober 2015.

Tidak ada penjelasan nama ataupun spesifikasi teknis soal konsep MPV baru itu, namun Mitsubishi menjelaskan desainnya memadukan SUV dan MPV, mereka menyebutnya “small crossover MPV. Mitsubishi memang sudah tidak asing dengan konsep begitu, cita rasa seperti itu sudah bisa kita rasakan pada “MPV rasa SUV” Delica.

Febri Ardani/KompasOtomotif SUV berpenggerak empat roda dengan tenaga listrik murni.
Pada Oktober 2015, bos desain Mitsubishi Tsunehiro Kunimoto pernah menjelaskan kepada wartawan asal Indonesia di kantor pusat Mitsubishi di Jepang, MPV untuk Tanah Air adalah model produksi ketiga yang menggunakan bahasa desain baru Dynamic Shield. Menariknya, dia juga mengungkap eX adalah model konsep ketiga yang mengadopsinya, setelah PHEC Concept-S (2014) dan XR-PHEV II (2015).

Febri Ardani/KompasOtomotif Desain Dynamic Shield Mitsubishi bisa bertahan sampai 15 tahun.
“Semua mobil tidak akan punya wajah yang sama, akan ada perbedaan berdasarkan konsep, tapi garis besarnya tetap dynamic shield. Konsep eX di Tokyo Motor Show 2015 beda, termasuk juga dengan desain yang akan diperkenalkan di Indonesia,” kata Kunimoto saat itu.

Dua model produksi sebelumnya yang menggunakan Dynamic Shield adalah Outlander Sport dan All-New Pajero Sport.

MItsubishi Motors Teaser konsep MPV Mitsubishi terbaru yang akan debut di GIIAS 2016.
Perbedaan

Konsep MPV terbaru dan eX sangat mirip. Detail seperti spion ukuran mini, lampu depan yang menyipit, lekukan di kap mesin, dan garis bahu, terlihat sama. Meski begitu ada sedikit perbedaan, pada konsep MPV memiliki roof rail, tidakada efek floating roof di belakang, dan kemungkinan lampu belakangnya vertikal seperti All-New Pajero Sport.

Apakah konsep MPV merupakan versi pengembangan dari eX, atau keduanya model berbeda? Jawaban dari itu akan diketahui sebentar lagi atau setidaknya bakal dibeberkan semua saat konsep low MPV debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com