Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Proton Ertiga" Siap Dikirim ke Malaysia

Kompas.com - 20/07/2016, 10:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pabrik Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Cikarang, Jawa Barat, sudah siap memenuhi pesanan ekspor Completely Knock Down (CKD) Ertiga ke Malaysia atas permintaan Proton. Kondisinya saat ini SIS tinggal menunggu pemesanan unit.

Pada Juni 2015, Suzuki dan Proton sudah menandatangani nota kesepahaman yang membuka peluang kelahiran model baru buat merek nasional Malaysia itu. Lantas pada Januari 2016, SIS mengumumkan menjadi pihak yang memenuhi permintaan ekspor CKD Ertiga ke Proton.

“Jadi sudah ada kemajuan. Cuma kami sekarang menunggu konfirmasi order dari Malaysia. Konfirmasinya dalam minggu depan,” ungkap Davy Jeffry Tuilan, Wakil Direktur Pelaksana SIS kepada KompasOtomotif, Selasa (19/7/2016).

Paultan.org "Proton Ertiga Facelift 2015".
Ekspor Ertiga dalam bentuk terurai baru pertama kali dilakukan SIS. Selama ini pengiriman unit MPV 7-penumpang itu dilakukan secara utuh (Completely Built Up/CBU) ke berbagai negara termasuk Filipina, Thailand, dan Vietnam sejumlah 800 – 1.000 unit per bulan.

Rencananya Ertiga bakal dijual dengan emblem Proton di Malaysia. Nama model baru itu belum diketahui, namun CEO Proton Datuk Ahmad Fuaad Kenali, pernah mengatakan peluncurannya dilakukan pada Oktober 2016.

Target pemesanan Ertiga oleh Proton mencapai 1.500 unit per bulan.

Paultan.org "Proton Ertiga 2012".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com