Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Depan “Small SUV” Buruk!

Kompas.com - 18/07/2016, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Arlinton, KompasOtomotif – Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan (Insurance Institute for Highway Safety/IIHS) Amerika, bukan hanya melakuan uji tabrak mobil baru, tetapi juga evaluasi terkait komponen lain, khusunya yang terkait dengan keselamatan pengendara.

Kali ini, IIHS merilis data terkait dengan kualitas lampu utama 21 model mobil dari segmen small sport utility vehicle (SUV). Semua kendaraan yang diuji, tidak ada satupun yang mendapatkan rating baik (good). Bahkan lebih dari dua-pertiga jumlah mobil yang dites punya nilai buruk (poor).

Dari 21 model small SUV yang diuji, kesemuanya memiliki 47 kombinasi lampu depan yang berbeda-beda. Namun, sayangnya tidak ada satupun mengakomodasi pengemudi dengan pencahayaan baik, terutama saat mengemudi pada malam hari.

Pihak IIHS mengatakan, kinerja lampu kendaraan yang diuji sangat bervariasi, tetapi standar pemerintah hanya didasarkan pada tes laboratorium. Standar tersebut tidak akurat dalam mengukur kinerja lampu saat berkendara di dunia nyata. Isu ini perlu mendapat perhatian, karena hampir setengah dari total kematian lalu lintas, terjadi pada saat malam gelap, fajar atau sekitar senja.

"Produsen tidak cukup memperhatikan kinerja aktual dari komponen dasar ini. Kami yakin dengan evaluasi ini, akan datang perbaikan sesegera mungkin dari para pembuat mobil,” ujar Matthew Brumbelow, Senior Research Engineer IIHS, mengutip siaran resmi IIHS, Minggu (17/6/2016).

Para peneliti IIHS mengevaluasi lampu di trek Vehicle Research Center saat malam hari. Sebuah perangkat khusus digunakan, untuk mengukur seberapa jauh cahaya diproyeksikan, dengan lima pendekatan, di antaranya bagaimana performa lampu saat jalan lurus, berbelok melingkar ke kanan dan kiri, serta beberapa kondisi lainnya.

Berikut daftar 21 kendaraan yang dievaluasi kualitas lampu depannya.

Acceptable

Marginal

Poor

2017 Ford Escape

BMW X1

Audi Q3

Honda CR-V

Mazda CX-5

Buick Encore

Hyundai Tucson

Mitsubishi Outlander

Chevrolet Trax

Mazda CX-3

Toyota RAV4

Fiat 500X

 

Volkswagen Tiguan

Honda HR-V

 

 

Jeep Patriot

 

 

Jeep Renegade

 

 

Jeep Wrangler

 

 

2017 Kia Sportage

 

 

Mitsubishi Outlander Sport

 

 

Nissan Rogue

 

 

Subaru Forester

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com