Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Scrambler Suzuki 200 Cc Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 15/07/2016, 12:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – Sebenarnya masih banyak motor Suzuki ”penggoda iman”, salah satunya yang cukup populer adalah VanVan 200. Inilah tunggangan dengan aliran retro (scrambler) dengan kapasitas mesin kecil, cukup 200 cc, dan ini membuat harganya jauh lebih terjangkau.

Suzuki VanVan 200 model 2017 pun mulai dijual di Amerika Serikat dengan banderol 4.599 dollar AS, atau setara Rp 60 jutaan dengan kurs 1 dollar AS sama dengan Rp 13.080. Cukup murah, dan mungkin harganya tak akan beda jauh jika dipasarkan di Indonesia.

Sekilas histori, model ini melakukan debut pada 1972 dengan mesin 123 cc, dan diproduksi sampai 1982. Pada 2003 lalu, Suzuki membawa kembali VanVan dengan mesin 4-tak 125 cc. Lalu Suzuki mengembangkannya dengan mesin 199 cc, dan dikenalkan tahun lalu di EICMA.

Mesin yang digunakan berpendingin udara, satu silinder, dengan sistem pencapuran bahan bakar injeksi. Mesin ini dipadukan dengan tranmisi 5-percepatan generasi baru, keduanya ”nangkring” pada rangka baja diamond style.

Motorcycle Model retro selalu digandrungi.
Ciri khas menariknya adalah pipa gas buang yang diposisikan tinggi dan besar. Tangki dan jok model retro, lebih dikembalikan pada model lama. Setang cukup tinggi, sehingga membuat pengendara semakin mudah meraihnya. Ketinggian jok sangat ramah, cuma 30,3 inci, cocok buat pemula.

Di depan, VanVan pakai pelek 18 inci dengan ban 130/80, sementara di belakang pelek 15 inci dibalut karet bundar 180/80. Garpu depan teleskopik 33 mm, sementara di belakang pakai monosok yang bisa disetel tingkat kekerasannya.

Roda depan dilengkapi rem cakram dengan kaliper 2-piston, sementara di belakang masih pakai rem tromol. Bobot total cuma 128 kg. Model 2017 ditawarkan dengan warna Metallic Triton Blue atau Metallic Matte Fibroin Gray.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com