Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasakan Langsung Keunggulan "Headlamp" BMW X1

Kompas.com - 14/07/2016, 08:00 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif – Meski jarang disinggung, headlamp atau lampu utama pada mobil menandakan kemajuan desain, serta keunggulan yang dirasakan pengemudi saat berkendara di malam hari. All New BMW X1 salah satunya.

Kompas Otomotif bersama tim Merapah Trans Jawa (MTJ) yang melintasi jalur antar kota pulau Jawa, untuk melaporkan kesiapan mudik merasakan pentingnya keunggulan desain headlamp Sport Activity Vehicle (SAV) ini.

Pada siang hari, kehadiran LED Daytime running light (DRL) pada BMW X1 ini membuatnya tampil atraktif di jalur yang dilalui tim. Desain headlamp menandakan tampilan tegas keluarga seri X BMW yang hadir juga pada kendaraan kompak ini.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO BMW X1 di ruas jalan tol Mojokerto Barat - Mojokerto Utara, Jawa Timur, Selasa (28/06/2016). Ruas jalan tol ini akan digunakan sementara untuk jalur mudik Lebaran 2016.

Fitur automatic light yang diaktifkan dari tuas dekat kemudi secara otomatis menyalakan lampu ketika jalan minim cahaya. Hal ini juga meminimalisir pengemudi yang lupa untuk mengaktifkan penerangan saat di malam hari.

All New BMW X1 menghadirkan penerangan melalui teknologi Bi-LED yang juga memiliki fitur cornering light. Fitur ini akan aktif ketika kendaraan berbelok baik ke kiri atau ke kanan, headlamp akan memberikan penerangan pada sudut jalan yang dituju oleh pengemudi.

Ujian sebenarnya datang saat tim MTJ bertemu hujan deras di malam hari saat di daerah Bangil, Jawa Timur. Bi LED pada BMW X1 ini tetap mampu memberikan penerangan yang dibutuhkan pengemudi meski cahaya yang dihasilkan sedikit menyebar karena pengaruh hujan.

Fitur high beam atau lampu jauh juga hanya terarah pada jalur yang dilalui pengemudi sehingga tidak membuat pengendara dari arah berlawanan silau. Klaim BMW, penggunaan Bi Led ini memangkas konsumsi energi - hingga 50 persen, serta memaksimalkan desain headlamp lebih atraktif pada BMW X1.

Kompas Video Menyusuri Tol Trans Jawa Mojokerto - Rembang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com