Rasakan "Handling" BMW X1 di Jalur Utama Pulau Jawa - Kompas.com

Rasakan "Handling" BMW X1 di Jalur Utama Pulau Jawa

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 12/07/2016, 13:25 WIB
Otomania/Setyo Adi All New BMW X1 turut ikut ekspedisi Merapah Trans Jawa Kompas.com berada di pantai Tirtamaya Indramayu

Jakarta, KompasOtomotif  - Berkendara bersama All New BMW X1 meyusuri ruas tol baru dan jalur utama mudik 2016 dalam eskpedisi Merapah Trans Jawa, dimanjakan dengan beragam kenyamanan dan keunggulan.

Setelah membahas kinerja transmisi Steptronic enam percepatan BMW X1 kali ini KompasOtomotif akan mencoba mengulik keunggulan lain, yakni pengendalian kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru BMW ini.

Saat melalui jalan berliku antar kota dan beragam kontur jalan yang ditemui, BMW X1 terasa rigid dan tidak mengalami gejala limbung. Teknologi sasis terbaru dan penggunaan suspensi single-joint strut di depan dan multi-link axle di belakang terbukti memberikan pengendalian yang meyakinkan di jalur yang dilalui tim Merapah Trans Jawa, seperti di jalur antara Sragen hingga Mojokerto.

BMW menggunakan aluminium swivel bearing, axle carriers dan control arm yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi, mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan as roda depan. Efeknya, memberikan respon saat berbelok yang lebih tangkas dan ketepatan saat merubah jalur. Kegiatan yang sering dilakukan di jalan luar kota.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO BMW X1 melintasi ruas jalan tol Bangil - Rembang, Jawa Timur, Rabu (29/06/2016). Ruas jalan tol ini akan digunakan sementara untuk jalur mudik lebaran.
Kelincahan dan kenyamanan pada BMW X1 didukung perpaduan anti-roll bars berbentuk silinder yang dipasangkan pada as roda depan dan belakang. Selain itu pemasangan suspensi berteknologi elasto-kinematic ke badan kendaraan melalui three-way support mount membuat pengendalian SAV ini semakin mantap.

Fitur lain pada pengendalian BMW X1 adalah sistem kemudi dengan teknologi Servotronic speed-sensitive steering. Sistem ini memungkinkan manuver parkir dan perpindahan jalur yang nyaman di jalan antar kota dengan kemudi yang dapat mendeteksi kebutuhan di masing-masing kondisi jalan.

Tidak sampai disitu, desain aerodinamika juga berpengaruh pada pengendalian kendaraan ini. Air flaps pada grille dan saluran udara di bagian bawah depan dapat ditutup secara aktif ketika kebutuhan tambahan pendinginan mesin sedang tidak diperlukan.

Air curtain yang terintegrasi dengan saluran udara dapat menyalurkan udara secara tepat, di sisi samping kendaraan membuat udara mengelilingi roda, sehingga mengurangi turbulensi. Hasilnya, nilai hambatan udara yang dicapai SAV ini senilai 0,29.

Otomania/Setyo Adi Bagian depan All new BMW X1 didesain agar mengalirkan udara dengan baik. Desain eksteriornya mencatat angka hambatan udara 0,25.

Simak perjalanan tim Merapah Trans Jawa bersama All New BMW X1 di tautan video berikut

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM