Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kondisi Mobil Sebelum Kembali ke Kantor

Kompas.com - 12/07/2016, 10:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Usai liburan Lebaran atau mudik ke kampung halaman, kita akan kembali beraktivitas harian seperti ke kantor. Ada baiknya, bila menggunakan mobil,cek terlebih dahulu kondisi kendaraan, khususnya mobil yang ditinggal di rumah selama liburan.

Ada ritual khusus yang harus dilakukan setiap pengemudi, yaitu mengecek kondisi mobil. Tujuannya, agar ketika ada salah satu komponen rusak bisa tahu lebih awal. Sehingga, tidak berbahaya. Lantas, komponen apa saja yang harus dicek?

“Cek yang ringan-ringan saja, tetapi fungsinya penting seperti kondisi ban, tekanan udara ban, wiper, jumlah air pendingin, oli, air aki dan cairan-cairan lain pastikan dalam jumlah yang cukup,” ujar General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Dadi melanjutkan, ketebalan ban juga perlu dicek karena jika sudah gundul bisa berbahaya. Pengecekannya juga tidak usah terlalu lama, yang penting semua dipastikan dalam kondisi aman dan normal.

“Kurang lebih dua sampai tiga menit juga sudah cukup, sambil memanaskan mesin. Setelah itu baru mulai jalan,” ucap Dadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com