Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur, Salah Satu Cara Kurangi Pelanggaran Lalu Lintas

Kompas.com - 11/07/2016, 08:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Cara berkendara yang cenderung melanggar etika berlalu lintas, kerap ditemukan di jalanan Indonesia. Bukan hanya pesepeda motor yang sering disalahkan, begitu juga pengendara mobil.

Memandang ketidakdisiplinan tersebut, Edo Rusyanto, koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, infrastruktur jadi salah satu cara, untuk membuat para pengendara menjadi teratur. Lebih dari itu bisa mereduksi kecelakaan.

“Melalui infrastruktur masyarakat kita akan mudah disiplin. Pasalnya memang diakui, kalau penegakan hukumnya masih sangat kurang,” tutur Edo kepada KompasOtomotif, Minggu (26/6/2016).

Edo melanjutkan, jadi pemerintah harus mempertimbangkan hal tersebut. Seperti salah satunya contohnya dengan membangun jalur khusus pesepeda motor. Sehingga tidak ada kesenjangan antara pesepeda motor dengan mobil.

“Kembali lagi, paksa pengendara untuk taat melalui infrastruktur dan penegakan hukum. Jadi sediakan infrastruktur dan sosialisasi yang massif kepada masyarakat. Lebih dari itu, tegakkan hukum yang tegas dan konsisten,” ujar Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com