Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalanan Amerika Ini akan Berteknologi Panel Surya

Kompas.com - 11/07/2016, 07:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Missouri, KompasOtomotif - Departemen Perhubungan Missouri Amerika Serikat telah mengumumkan beberapa program, yang salah satunya yaitu pengenalan jalan panel surya. Pembagunan ini akan dilakukan pertama kali (percontohan) di jalanan bersejarah Amerika, Route 66.

Dikabarkan Caradvice, Minggu (10/7/2016) Tom Blair pimpinan program “Road to Tomorrow” milik Departemen Transportasi Missouri, dalam pertemuan Bina Marga mengatakan, pembangunan ini akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Jalanan dengan “solat panel” akan dibangun seperti komponen trotoar berbentuk persegi enam (heksagonal). Komponen ini diklaim akan lebih baik dibanding aspal dan beton. Energi matahari yang disedot, juga akan langsung dikonversi menjadi tenaga listrik, untuk berbagai kebutuhan jalan, salah satunya untuk menghidupkan lampu LED.

Lampu LED yang ada di panel akan menampilkan pesan kepada pengemudi seperti simbol “lambat” atau “cepat” atau rambu yang diperlukan lainnya. Lebih dari itu, panel juga akan memiliki elemen pemanas terpadu, yang mampu mencairkan salju dan es, ini bisa meninggalkan cara lama, menggunakan garam dan bahan kimia.

“Kami semua berharap bahwa Historic Route 66, akan menjadi yang pertama untuk mendapatkan panel solar untuk jalan, mungkin pada akhir tahun ini. Ini merupakan sebuah sejarah dan masa depan kita bersama-sama,” tutur Tom Blair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com