Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Transmisi Steptronic BMW

Kompas.com - 08/07/2016, 15:04 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif -   Pengalaman bersama All New BMW X1 selama 10 hari, menyusuri ruas jalur mudik jelas sesuatu yang tidak terlupakan bagi tim Merapah Trans Jawa. Salah satu hal yang diingat adalah kemampuan transmisi enam percepatan pada kendaraan kompak X1 terbaru ini.

Transmisi Steptronic yang dipasangkan dengan mesin 1.499 cc tiga silinder TwinPower Turbo terasa dominan. Kemudahan dan kenyamanan mengoperasikan trnasmisi bisa dirasakan baik di jalan bebas hambatan maupun perkootaan.

Jika ingin merasakan sensasi manual, cukup geser tuas transmisi ke kiri saat di mode D. Setelah itu pengemudi dapat memposisikan gigi transmisi sesuai keinginan saat di perjalanan.

Otomania/Setyo Adi All New BMW X1 turut ikut ekspedisi Merapah Trans Jawa Kompas.com menyusuri ruas tol pulau Jawa

Saat hendak mendahului kendaraan di depan, mode transmisi semi manual dirasa pas. Proses perpindahan cukup halus. Transmisi manual ini juga dapat digunakan sebagai engine break yang membantu mengurangi laju kendaraan. Indformasi posisi gigi dapat dilihat pada layar MID di panel instrumen.

Transmisi manual ini juga beradaptasi pada mode pengendaraan BMW Driving Experience Control, yang diaktifkan melalui tombol di konsol tengah. Saat mode Sport, karakter transmisi lebih agresif.

Ketika menggunakan mode ECO Pro, pada mode manual pergantian sedikit lebih lamban. Namun dioptmalkan pada RPM yang tepat untuk memangkas energi berlebih agar hemat bahan bakar.

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com