Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW dan LG Ciptakan Koneksi Rumah dan Mobil

Kompas.com - 08/07/2016, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – LG Electronics mengumumkan kerjasamanya dengan Volkswagen, terkait pengembangan connected car platform. Perusahaan asal Korea Selatan dan Jerman ini menciptakan perangkat di dalam mobil yang bisa terhubung dengan rumah.

Teknologi ini memungkinkan pengemudi bisa mengontrol dan memonitor rumah dari jarak yang jauh, seperti lampu, sistem keamanan, dan peralatan rumah tangga. Lebih dari itu, perangkat ini juga bisa memberikan notifikasi berupa pesan singkat (SMS/short message service) kepada penggunanya.

Sistem pengingat tersebut, sekaligus memberikan rekomendasi bagi pengemudi secara real time, berdasarkan situasi yang saat itu terjadi.

"Volkswagen kini sedang gencar melakukan digitalisasi. Keahlian LG dalam smart technology, bersama-sama dengan Volkswagen sebagai pemimpin di sektor otomotif, akan merevolusi cara pengemudi dalam berinteraksi dengan kendaraan mereka,” ujar kedua pihak pada pernyataan yang dikeluarkan bersama, mengutip Inautonews, Kamis (7/7/2017).

LG Electronics, bersama dengan unit usaha mereka LG Display dan LG Innotek, merupakan perusahaan elektronik pertama yang berkomitmen melakukan terobosan bisnis di industri otomotif. LG ingin memperluas bisnisnya di luar pasar smartphone dan TV (televisi), pasalnya dua pasar tersebut sedang mengalami stagnasi.

Perusahaan Korea Selatan ini juga menempatkan dirinya, sebagai salah satu pemasok terbesar baterai kendaraan listrik di dunia, dan sudah bekerja sama dengan 25 merek mobil global. LG juga sedang dalam pembicaraan dengan produsen mobil terbesar Iran, untuk membantu mengembangkan mobil bertenaga baterai, perjanjian yang akan ditandatangani dan diumumkan pada musim gugur nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com