Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mau Jual "Kijang" Innova di China?

Kompas.com - 07/07/2016, 07:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Aplikasi desain Toyota Innova telah masuk di situs resmi kantor paten China, seperti disiarkan PC Auto, akhir Juni lalu. Informasi ini membuka kemungkinan model legendaris "Kijang" itu bakal dijual di China.

Nama kode Innova di sana, yaitu AN140. Model yang dirujuk, seperti terlihat pada gambar, adalah Innova generasi kedua yang menggunakan platform Innovative Multi-purpose Vehicle (IMV). Platform itu juga dipakai generasi baru Fortuner dan pikap Hilux.

pc Desain patent Toyota Innova masuk daftar paten di China.
Pasar terbesar Innova di dunia ada di Indonesia. Di dalam negeri, Innova diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia lantas diekspor ke kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, baik dalam kondisi utuh (completely built up/CBU) atau terurai (completeley knocked down/CKD).

Belum jelas maksud Toyota terkait paten Innova di China. Namun bila saja keputusannya dijual ada kemungkinan Innova diproduksi di China, bukan mengambil unit dari pabrik asing.

Di Indonesia, Innova ditawarkan dua pilihan mesin, bensin 2.0L dan diesel 2.4L. Total ada 12 varian, harganya mulai Rp 288 juta – Rp 432 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com