Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kriteria Sepeda Motor untuk Jarak Jauh

Kompas.com - 05/07/2016, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berkendara jarak jauh menggunakan sepeda motor, kerap dilakukan masyarakat Indonesia, terlepas dari kegiatan hobi (touring).  Pemandangan seperti ini jelas terlihat ketika momen mudik lebaran datang.

Menanggapi perilaku tersebut, Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, kalau tidak semua sepeda motor dirancang untuk digunakan jarak jauh. Setidaknya ada beberapa kriteria di mana sepeda motor bisa diajak berkendara jauh.

“Pertama kali yang bisa dilihat adalah kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM/bensin). Kami tidak mendesain kapasitas tangki bensinnya kecil untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Paling tidak bisa menampung minimal 10 liter bensin,” ujar Sriyono kepada KompasOtomotif, Kamis (2/6/2016).

Sriyono melanjutkan, selain dari tangki, yang perlu diperhatikan adalah posisi berkendara dari sepeda motor tersebut. Sebaiknya dipilih kendaraan yang tidak membuat tubuh terlalu menunduk saat dikendarai.

“Contoh produknya kalau di Honda, seperti yang ada di segmen sport, seperti CB150, Mega Pro Verza. Lalu untuk skutik lebih condong ke PCX, sementara Honda Vario masih belum begitu cocok berkendara jauh (seperti mudik). Namun memang itu kembali lagi kepada si pemilik kendaraan,” ucap Sriyono.

“Terakhir yaitu dari ukuran ban. Bagi saya pribadi, mengendarai sepeda motor dengan diameter ban besar (17 inci) lebih nyaman dibanding dengan yang hanya 14 inci. Ini juga terkait dengan medan jalan yang akan ditempuh,” ujar Sriyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com