Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Panigale S 1299 Edisi Khusus 60 Tahun

Kompas.com - 05/07/2016, 03:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Misano, KompasOtomotif – Ducati meluncurkan Panigale S 1299 Anniversario di World Ducati Week 2016, di Misano, Italia, (2/7/2016). Inilah edisi khusus superbike paling advance itu untuk memperingati 60 tahun merek ini hadir ke dunia.

Makin ekslusif karena Ducati cuma memproduksi 500 unit untuk seluruh dunia. Edisi ini ditandai dengan semacam grafir logam yang menunjukkan angka produksi. Karena itu banderolnya juga ekslusif, mencapai 29.590 euro, setara Rp 431 jutaan.

Mesin model ini sama dengan Panigale S, 1.299 cc V-Twin yang sekaligus menjadi sasis dengan tenaga maksimal mencapai 205 tk. Lalu apa bedanya dengan model standar? Cukup banyak.

Livery fairing khas tim Ducati di MotoGP. Lalu pelek menggunakan Marcheshini warna emas. Bobot juga dklaim lebih ringan 2,5 kg ketimbang Panigale S.

Ducati Makin ekslusif karena Ducati cuma memproduksi 500 unit untuk seluruh dunia.
Hal itu karena penggunaan beberapa komponen yang lebih ringan. Misalnya, aki lithium yang makin ringan, penggunaan berbagai peranti berbahan karbon fiber, dan suspensi belakang yang dikurangi bobotnya cukup signifikan.

Panigale S 1299 Anniversario juga lebih canggih. Ada sistem kontrol traksi DTC EVO dan Ducati Wheelie Control (DWC) EVO systems, yang membuat ban tetap mencengkeram aspal tanpa slide dan wheelie (ban depan terangkat).

Ada juga Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) yang mampu mendeteksi kemiringan motor dan parameter lainnya untuk memutuskan intervensi yang diperlukan saat mengendalikan perputaran ban belakang berlebih (spinning).

ABS, Ducati Quick Shifter (DQS) untuk perpindahan gir dua arah tanpa clutch, Engine Brake Control (EBC) dan juga suspensi Öhlins Smart EC. Finishing-nya, penggunaan knalpot titanium Akrapovic Racing. Berminat? Ducati Indonesia dipastikan bakal mendapat jatah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com