Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Mercedes-Benz Jaga Suhu Ban

Kompas.com - 04/07/2016, 13:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Mercedes-Benz ketahuan sedang menyiapkan teknologi yang membuat ban tetap berfungsi normal pada musim dingin. Hal itu setelah gambar dari dokumen pematenan produk bocor, lengkap dengan diagram sistem kerjanya.

Jika dilihat dari gambar dokumen, cara kerjanya cukup simpel. Air akan dipompa keluar dari tangki khusus, lalu dilewatkan ke semacam pemanas untuk menghasilkan air yang hangat. Lalu, air disemprotkan langsung ke ban yang tertutup es via nozzle yang dipasang pada kolong sepatbor.

Cara sederhana ini diyakini sangat efektif menjaga traksi ban mobil dengan mencairkan salju dan es yang menutup si karet bundar saat musim dingin.

Menariknya, air yang ditampung itu dikumpulkan dari aliran air atau salju yang menetes dari jendela belakang. Artinya, tidak perlu mengisi ulang tangki penyimpanan air.

Mercedes-Benz juga memberi poin penting bahwa teknologi penyemprot air ini bisa digunakan untuk mendinginkan ban.

Meski begitu, sistem ini akan lebih rumit karena harus menggunakan kamera thermal untuk mengalkulasi kapan harus menyemprot air dan seberapa banyak air yang dibutuhkan.

Tentu saja, gambar paten ini belum menggaransi bahwa suatu saat akan digunakan pada mobil produksi massal. Produsen mobil asal Jerman itu juga tidak berkomentar soal teknologi ini. Jadi, waktu yang akan menjawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com