Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji BMW: Realisasi Mobil Otonomos 5 Tahun Lagi

Kompas.com - 03/07/2016, 17:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – BMW tak mau membuang waktu untuk memberi prioritas dan fokus mengejar teknologi otonomos. Produsem mobil asal Jerman itu pun memproklamirkan janji bakal menunjukkan mobil tanpa awak dalam waktu lima tahun.

”Bersama dengan Intel dan Mobileye, BMW Group akan mengembangkan solusi dan sistem inovasi untuk mobil tanpa awal. Kami akan membawanya ke seri mobil BMW pada 2021,” begitu bunyi pernyataan resmi BMW dikutip Leftlanenews, (1/7/2016).

Model BMW iNEXT akan menjadi fondasi BMW Group pada strategi mobil otonomos, lalu diturunkan untuk berbagai penggunaan mobil tanpa awak. Tak hanya untuk kebutuhan di jalan tol, tapi BMW juga fokus mengembangkan mobil serupa untuk lalu lintas urban.

BMW menjanjikan bahwa mobil otonomos mereka benar-benar bisa bergerak tanpa bantuan pengemudi atau disebut ”driver-off”, dari tempat asal hingga tujuan. Inilah yang disebut sebagai ”level 5”.

Sementara itu, mobil tradisional akan mencapai puncak status otonomos pada ”level3” yang masih membutuhkan campur tangan pengemudi. Meskipun, pengemudi masih bisa bekerja atau beraktivitas sambil meluncur. Ini disebut ”mind-off”.

Peluncuran mobil otonomos dijanjikan Nissan pada 2020. Banyak pembuat mobil masih ”pikir-pikir” untuk menerapkan seberapa jauh keterlibatan pengemudi pada mobil otonomos. Sementara kerjasama BMW dengan Intel dan Mobileye ditargetkan mulai melakukan tes pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com