Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Satria buat Nge-Trail, Siapa Takut?

Kompas.com - 03/07/2016, 15:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beberapa tampang motor modifikasi dipajang di booth Suzuki dalam ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016, di JI Expo, Jakarta. Salah satu yang cukup menarik adalah Suzuki Satria F150 dengan tampang penjelajah alias trail.

Tampilan standar masih terisa di bagian atas, namun kaki-kaki dan bagian depan sudah berubah total. Satria yang seharusnya berada di jalanan aspal kini dipaksa pindah habitat di jalanan berbatu, lumpur, atau medan off-road lainnya.

Inilah hasil garapan Arena Motor dibuat khusus untuk Suzuki di JFK. Ubahan utama untuk motor trail adalah kaki-kaki. Sokbreker depan diganti buatan DBS dengan sistem terbalik (upside down). Pelek diganti keluaran TK Japan, depan ring 18 dan belakang ring 17.

Suzuki Indomobil Sales Ubahan maksimal ada pada kaki-kaki.
Ubahan di kabel rem, kopling, jari-jari, disc serta tromol trail merek Expedition pun disematkan untuk menghasilkan kesan trail yang sangat kuat. Spakbor ala supermoto pun dipasang untuk mendukung modifikasi ini.

Ban pacul SB117 100/80 di depan dan 120/80 R17 pakai ban dalam. Peranti rem diperkuat untuk mengimbangi penampilan, yakni dengan menggunakan Nissin. Satu set gir pun ikut berubah, pakai SSS yang lebih kuat dan besar.

Soal penampilan, setang diubah menggunakan tipe trail yang lebih lebar. Knalpot Pro Speed dipasang menengadah ke atas. Agak kurang berimbang di bagian ini, karena knlapot itu lebih cocok untuk penggunaan jalanan. Namun dengan alasan performa, hal ini bisa dilakukan.

Suzuki tak membuka keran pemesanan untuk Satria modifikasi ini. Pajangan di JFK hanya untuk menjadi inspirasi bahwa tenaga dan torsi besar Satria bisa digunakan sebagai basis motor trail yang memang membutuhkan torsi berlimpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com