Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Bersama Keluarga? Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini!

Kompas.com - 03/07/2016, 11:48 WIB
advertorial

Penulis

Hari Raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari. Artinya, masyarakat Indonesia akan berangsur-angsur mudik ke kampung halaman masing-masing. Mudik menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan utama bagi banyak keluarga. Nah, apakah keluarga Anda adalah salah satu di antaranya?

Memang, mudik menggunakan mobil pribadi tak pernah lepas dari perjalanan panjang yang menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Belum lagi bila terjadi kemacetan parah. Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, jika segala sesuatu dipersiapkan secara matang, tentu perjalanan mudik Anda bersama keluarga akan terasa lebih nyaman.

Nah, ada sejumlah kebutuhan mudik yang perlu dipersiapkan sebelum hari keberangkatan. Idealnya, persiapan tersebut harus dilakukan dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlupakan.           

  1. Makanan dan Minuman Ringan

Persiapkan sejumlah makanan dan minuman ringan yang tahan lama di dalam mobil. Dengan begitu, Anda tak perlu terlalu sering melakukan pemberhentian di minimarket atau rest area hanya untuk membeli makanan ringan dan minuman. Sebisa mungkin, hindari minuman bersoda serta camilan tinggi lemak, gula dan garam.

  1. Obat-obatan

Sisihkan sebagian anggaran mudik Anda untuk membeli kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Jangan lupa isi kotak tersebut dengan vitamin dan aneka obat-obatan penting, seperti balsam atau minyak kayu putih, obat antimual, obat antiseptik, obat masuk angin, obat penurun panas, obat pereda nyeri, obat tetes mata, perban, dan plester. Jika Anda atau anggota keluarga mengidap penyakit tertentu, pastikan Anda membawa obat khusus.

  1. Bantal dan Selimut

Bantal dan selimut akan menambah kenyamanan saat tidur, terlebih lagi saat perjalanan yang ditempuh cukup jauh atau udara cukup dingin. Anda bisa membawa bantal berukuran kecil atau bantal tiup yang lebih ringkas dan tidak memakan banyak ruang di kabin mobil.

  1. Hiburan

Siapapun akan merasa bosan saat terjebak macet selama berjam-jam. Buku cerita, piranti pemutar DVD dan file, game portabel, dan televisi bisa menjadi sarana hiburan yang efektif untuk menghabiskan waktu di dalam mobil. Lantas, bagaimana bila mobil Anda tidak dilengkapi dengan layar monitor LCD? Manfaatkan saja perangkat tablet yang dapat digunakan untuk menonton film atau bermain game.      

  1. Perkakas

Apapun dapat terjadi saat Anda berada di tengah perjalanan. Oleh karena itu, persiapkan perkakas dasar, seperti ban cadangan, dongkrak, kabel jumper, kunci pas, kunci roda, lap serbaguna, segitiga pengaman, dan senter.

Sebagai pengguna mobil Toyota, masih ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat, yaitu lokasi dari 279 titik layanan mudik yang disediakan oleh PT. Toyota-Astra Motor bekerja sama dengan seluruh dealer Toyota Indonesia.

Toyota Para petugas di posko siap melayani Anda dan memastikan kendaraan Toyota yang dipakai aman dan nyaman
Adapun layanan yang tersedia adalah 20 Posko Siaga Toyota 24 Jam, 9 Bengkel Siaga yang juga beroperasi 24 jam, dan 250 Bengkel Siaga Toyota yang buka sepanjang libur hari raya Lebaran. Layanan-layanan tersebut dapat Anda nikmati pada 1 – 10 Juli 2016.

Posko Siaga Toyota 24 jam akan ditempatkan di sepanjang jalur mudik. Sebagai pengguna pengguna mobil Toyota, Anda bisa mendapatkan servis berupa perbaikan ringan. Yang lebih menariknya lagi, Toyota akan memberikan diskon 25% untuk biaya jasa.

Sambil menunggu perbaikan mobil selesai, Anda sekeluarga dapat beristirahat dengan nyaman sambil menikmati berbagai fasilitas yang ada di posko secara gratis, seperti free wi-fi, makanan dan minuman ringan, ruangan ber-AC, kursi pijat, game station, TV satelit, serta kids corner. Fasilitas ini didukung oleh Transvision, Mizone, Vit, Levite, Gery, Chocolatos, Garuda Rosta & Garuda Ting-Ting.

Jika mobil Toyota Anda membutuhkan perbaikan yang lebih berat, langsung saja kunjungi Bengkel Siaga 24 jam Toyota yang tersebar di 250 lokasi. Layanan ini  tak hanya berlaku bagi para pemudik, tetapi juga Anda yang tidak bepergian.

Berikut adalah lokasi dari layanan mudik Toyota:

Posko Siaga

  1. Tebing Tinggi, Sumatera Utara
  2. Kampar, Riau
  3. Inhu, Riau
  4. Merak, Banten
  5. Cirebon, Jawa Barat
  6. Nagrek, Bandung
  7. Cikampek
  8. Hotel Puncak Raya, Cisarua
  9. Cipali
  10. Batang, Jawa Tengah
  11. Sampang, Jawa Timur
  12. Caruban, Madiun
  13. Paiton, Situbondo
  14. Tuban, Jawa Timur
  15. Tabanan, Bali
  16. Bedugul, Bali
  17. Jeneponto, Sulawesi Selatan
  18. Barru, Sulawesi Selatan
  19. Parigi, Sulawesi Tengah
  20. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

Bengkel Siaga 24 Jam

  1. AUTO 2000 Bogor Siliwangi
  2. AUTO 2000 Pasteur, Bandung
  3. AUTO 2000 A. Yani, Surabaya
  4. Nasmoco Mlati, Sleman – Yogyakarta
  5. Nasmoco Magelang, Jl. Raya Magelang - Yogyakarta
  6. Nasmoco Pemuda, Semarang
  7. Nasmoco Slamet Riyadi, Solo
  8. Nasmoco Tegal – Jl. Raya Martoloyo
  9. Surya Indah Motor, Jl. Raya Kudus – Pati KM 4

Informasi lebih lanjut mengenai layanan mudik Toyota hubungi Toyota Customer Care 24 jam Toyota di 1-500-315 atau kirim e-mail ke customer-care@toyota.astra.co.id.

Toyota Siap Siaga, Menemani Mudik Anda! (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com