Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Tolak Mudik dengan Sepeda Motor

Kompas.com - 01/07/2016, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Astra Honda Motor (AHM) kembali menggulirkan program Mudik-Balik Bareng Honda (MBBH) sambut lebaran 2016. Setidaknya ada 2.295 pemudik dan 998 unit sepeda motor yang diberangkatkan, ke dua kota Semarang dan Yogyakarta.

Johannes Loman, Executive Vice President DirectorAHM, program ini sudah berjalan selama 11 tahun. Kemudian, baru pada 2010 AHM mulai serius untuk melakukan kampanye untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik jarak jauh.

Sejak tahun 2010 kami sudah tidak lagi mengizinkan mereka mengendarai sepeda motor untuk mudik jarak jauh. Jadi kami sediakan fasilitas pengangkutan untuk sepeda motor. Seharunya memang untuk berkendara di dalam kota saja, sepeda motor tersebut,” ujar Loman, Jumat (1/7/2016).

“Memang kami sangat serius akan hal itu, itu kenapa kami menyediakan bus ini. Harapan kami, ini semoga bisa dicontoh oleh banyak pihak, sehingga bisa berjalan dengan semakin baik (mudik menggunakan sepeda motor berkurang),” ujar Loman.

Pudji Hartanto Iskandar, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengaprsiasi progra mudik bareng AHM. Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah memfasilitasi para pemudik dengan bus, dan tidak menggunakan sepeda motor.

“AHM telah berpartisipasi terhadap kebijakan pemerintah. Sepeda motor yang ada di jalan itu akan rentan terhadap kecelakaan, dan juga tentu tidak nyaman. Sampai saat ini sudah ada 11 perusahaan yang berpartisipasi, untuk melaksanakan kegiatan mudik gratis,” ujar Pudji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com