Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 13:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Simpang siurnya kabar kemunculan model multi purpose vehicle (MPV) paling murah, Toyota Calya, sedikit demi sedikit mendapat kejelasan. Pihak Toyota Astra Motor sudah mulai jujur terkait akan meluncurnya Calya dalam waktu dekat ini, apalagi dengan banyak beredarnya foto Calya di dunia maya.

Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor, kalau pihaknya membenarkan akan segera memperkenalkan Calya, bakal calon adik Avanza. Namun, memang belum banyak hal yang Henry sampaikan.

Baca juga : Calya dan Agya Satu “Platform”

“Mengenai foto yang banyak beredar, kami memang ada rencana meluncurkan Toyota Calya. Namun, untuk informasi lainnya akan disampaikan di waktu yang tepat,” ujar Henry kepada KompasOtomotif, Jumat (1/7/2016).

Meski sudah membenarkan akan kedatanga Calya, namun Henry masih menutup informasi-informasi terkait Calya, khususnya waktu peluncuran.

“Belum ada informasi yang bisa kami share mengenai peluncurannya. Nanti kita berikan sewaktu ada info pastinya,” ucap Henry ketika ditanya mengenai peluncuran yang rencananya akan dilakukan pada 2 Agustus 2016.

Baca juga : Astra Toyota Calya Meluncur Awal Agustus

Calya dirancang menggunakan platform yang sama dengan Agya berpenggerak roda depan. Sedikit perbedaannya yaitu sasis yang diperpanjang dan diperkokoh, untuk mengakomodasi penumpang baris ketiga.

Bagian jantung pacu, Calya kabarnya menggunakan mesin 3NR-FE, serupa yang digunakan Etios tapi ada tambahan dual VVT-i. Pilihan transmisi ada dua, yaitu manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan. Kedua transmisi itu sama dengan Avanza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com