Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Seperti Ini yang Ideal Susur Trans Jawa

Kompas.com - 29/06/2016, 08:44 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Surabaya, Kompas Otomotif – Perjalanan tim Merapah Trans Jawa telah sampai di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/6/2016). Sepanjang perjalanan menyusuri jalur mudik untuk memantau kondisi terkini, tim menghadapi beragam kondisi, salah satunya ruas tol yang sedang dibangun.

Sepanjang perjalanan, tim  telah melintasi ruas tol dari Jakarta hingga Brebes Timur sejak Sabtu (25/6/2016). Sepanjang jalan tol Cikarang, Cikopo, Palimanan dan Brebes Timur, beberapa ruas jalan masih dalam tahap pengerjaan seperti penambahan aspal dan perbaikan.

Ruas tol yang belum selesai itu sebagian besar menyajikan jalan dengan dasar beton. Perbedaan tinggi antara pondasi terasa kerika dilewati, pemandangan beragam alat konstruksijuga banyak yang berhenti di sisi kiri jalan di lokasi. 

Beruntung, tim ditemani All New BMW X1, yang dinilai tepat untuk menghadapi beragam kondisi di proyek pembangunan ruas tol tersebut.

Sebagai kendaraan Sport Activity Vehicle (SAV) yang kompak, BMW X1 menawarkan dimensi kendaraan ideal dengan kondisi yang akan dihadapi perjalanan kali ini. Dengan panjang 4.428 mm, lebar 1.821 mm dan tinggi 1.598 mm, BMW X1 mampu melewati bagian pengerjaan ruas tol seperti pembatas median jalan serta melewati jalan darurat untuk proyek.

Kelebihan lain yang menjadi perhatian adalah ground clearence BMW X1 yang kini lebih tinggi 183 mm dibandingkan model terdahulu. Selain itu, karena desainnya yang kompak membuat kendaraan SAV ini terlihat layaknya sedan BMW yang ikonik dan diragukan kemampuannya menerabas beragam jalan.

Ternyata keraguan ini sirna. Saat tim mengunjungi ruas tol sementara Bawen Salatiga, tim dihadapkan dengan kondisi akses masuk dan keluar ruas tol dengan kondisi tanah dan perbedaan tinggi. BMW X1 dapat melalui dengan mudah tanpa terpentok bagian bawah, terkena tanah, atau batu.

Perjalanan tim Merapah Trans Jawa masih akan berlangsung hingga tanggal 3 Juli 2016 mendatang untuk melaporkan kondisi terkini arus mudik melalui jalur Trans Jawa. Simak terus perkembangan terkini pantauan arus mudik 2016 hanya di Kompas.com

Kompas VideoMerapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com