Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ikutan Merancang Mobil Terbang

Kompas.com - 29/06/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Motor1.com

Jakarta, KompasOtomotif – Tidak ada yang tahu bagaimana rupa mobil pada masa depan, tapi gambaran soal itu setidaknya bisa terpantau sejak hari ini. Setelah memperkenalkan mobil konsep yang terbuat dari kayu, kini Toyota ketahuan sudah memikirkan tentang mobil terbang.

Pada Desember 2014, aplikasi paten Toyota telah masuk ke United States Patent and Trademark Office. Lantas pada Juni 2016, paten yang menunjukan desain mobil dengan baling-baling dan sayap lipat itu dirilis.

Toyota bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan mobil terbang. Aeromobil sudah membuat generasi ketiga mobil terbang mereka dan telah menunjukannya benar-benar berfungsi.  Penemu Google, Larry Page, juga pernah diberitakan mendanai dua perusahaan yang kini berlomba menciptakan mobil terbang.

Namun, Toyota punya desain berbeda. Pada model lain biasanya sayap melipat namun tetap berada samping bodi, tetapi punya Toyota, seperti terlihat pada paten, memungkinkan sayap itu terlipat masuk ke dalam bodi. Setelah menutup, bagian berbahan fleksibel ditempatkan sebagai penutup.

Ketika ingin berubah dari mobil yang bergerak di darat menjadi pesawat, sayap akan membentang. Dalam paten menjelaskan ada tiga cara melipat sayap hingga masuk ke bodi.

Siapapun bisa memprediksi masa depan otomotif, tapi tidak akan bisa terbukti sampai saatnya nanti tiba. Bukan tidak mungkin, mobil terbang jadi hal biasa buat anak dan cucu kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motor1.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com