Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Patenkan Sistem Pengatur Suhu Ban Mobil

Kompas.com - 28/06/2016, 16:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Berlin, KompasOtomotif – Induk perusahaan Mercedes Benz, Daimler, tengah mengembangkan sebuah sistem pengatur suhu ban. Melalui teknologi ini, ban kendraan akan dikontrol temperaturnya sehingga memiliki suhu yang tepat.

Mengutip Autoguide, Selasa (28/6/2016) perusahaan asal Jerman tersebut juga telah mengajukan paten terkait sistem tersebut, kepada Kantor Kekayaan Intelektual Inggris. Sistem ini akan bekerja menyemprotkan air ke setiap ban, ketika terbaca suhunya terlalu panas atau dingin.

Sensor suhu nantinya akan ditempatkan pada setiap sisi ban untuk melakukan pemantauan temperatur tersebut. Jika ban terlalu panas, maka air dengan suhu normal akan menyemprot otomatis ke setiap ban.

Sementara jika ban dalam kondisi terlalu dingin, seperti ketika lingkungan bersalju, maka air terlebih dahulu dipanaskan oleh mesin mobil, baru kemudian menyemprot bagian ban. Ini tentu akan membantu mempercepat menghangatkan ban pada saat musim dingin dan mencegah mengerasnya es.

Pihak Daimler juga menyampaikan, suhu ban yang tepat pada setiap kondisi, bisa membuatnya bisa berfungi baik di segala cuaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com