Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Pikap Ciut, Gran Max Lagi Adaptasi

Kompas.com - 28/06/2016, 15:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mulai Februari tahun ini, mobil terlaris Daihatsu mulai bergeser. Pikap kecil Gran Max yang biasanya jadi tulang punggung sedang kendur, posisinya digantikan Ayla dari segmen “mobil murah” yang memang sedang berkembang diikuti low MPV Xenia.

Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, penurunan Gran Max dipengaruhi situasi pasar. Masalahnya bukan pada produk atau persaingan, tapi memang terbentuk karena kondisi yang sedang terjadi.

Rudy Ardiman, Division Head Corporate Planning ADM memaparkan, pasar pikap kecil sedang menciut karena perekonomian memaksa demikian. Dunia usaha sedang tidak berkembang jadi kebutuhan transportasi pengangkut barang seperti Gran Max berkurang.

Dari data penjualan ritel, Gran Max terjual 18.379 unit pada Januari – Mei 2016. Sementara itu Ayla 20.025 unit dan Xenia 19.013 unit.

“Setidaknya pangsa pasarnya Gran Max kan tidak turun, sebetulnya stabil tapi beradaptasi dengan pasar,” kata Rudy, di Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Rudy mengatakan harapannya segmen pikap kecil akan kembali bergairah, namun diprediksi tidak dalam jangka waktu dekat. Pada momen Lebaran, bisnis komersial melandai seperti kebiasaan, karena kebutuhan masyarakat lebih mengarah ke mobil penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com