Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia Operasikan “Jalan Listrik” Pertama di Dunia

Kompas.com - 28/06/2016, 15:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Gavle, KompasOtomotif – Inovasi Swedia untuk meredam penggunaan bahan bakar fosil dan menurunkan emisi, bisa menginsporasi seluruh dunia. Berlokasi di dekat kota Gavle Swedia tengah, dibangun “electric road” atau jalan listrik.

Mengutip Carscoops, Selasa (28/6/2016) fasilitas ini sudah diresmikan 22 Juni 2016 lalu, dan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Swedia dengan beberapa perusahaan swasta. Tujuannya untuk menciptakan sebuah jalan yang bebas dari bahan bakar fosil.

Jalan listrik ini dibangun sepanjang dua kilometer, di mana fasilitas ini masih khusus digunakan untuk angkutan barang, seperti truk besar. Sistem kelistrikan dikembangkan oleh Siemens, sementara perusahaan Scania menyediakan truk listrik (hibrida) G 360 4×2, di mana akan dioperasikan di tengah kondisi lalu lintas normal.

Carscoops.com Swedia operasikan "Jalan Listrik" pertama di dunia.

Ketika memasuki fasilitas ini, truk memungkinkan untuk menggunakan energi listrik, tetapi setelah keluar dari jalan ini, bisa kembali menggunakan biofuel. Di Indoensia, fasilitas seperti ini masih baru digunakan untuk kereta api listrik (KRL).

"Jalan listrik merupakan salah satu tonggak penting dalam perjalanan menuju transportasi bebas fosil. Scania berkomitmen ikut berkontribusi dalam keberhasilan proyek ini dan untuk solusi transportasi yang berkelanjutan,” ujar Claes Erixon, Kepala Penelitian dan Pengembangan Scania.

Erixon melanjutkan, pihaknya melihat jalan listrik sebagai komponen kunci, dalam mencapai ambisi Swedia untuk membuat seluruh armada kendaraan bebas fosil dan hemat energi, pada tahun 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com