Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menghadapi Pengemudi Pemula

Kompas.com - 27/06/2016, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menemui pengemudi pemula, merupakan satu dari kondisi yang harus diantisipasi ketika berada di jalan raya. Meski kerap menjengkelkan, namun tidak seharunya para pegendara yang sudah mahir mem-bully mereka. Banyak bentuknya, seperti misalnya dengan mengintimidasi menggunakan klakson.

Sandi Susandi, Founder Imperium Drivingschool memberikan beberapa tips, ketika menghadapi pengemudi baru, yang sedang mengendarai mobil. Salah satu tujuannya, menjaga keselamatan dan menimbukan kecelakaan.

“Dasarnya adalah toleransi, menghormati, dan menghargai sesama pengendara, dan itu akan membentuk karakter masyarakat yang tertib dan bersosial di jalan,” ujar Sandi kepada KompasOtomotif, Minggu (26/6/2016).

Berikut empat tindakan yang bisa dilakukan ketika dalam kondisi tersebut.

1. Sadar dan waspada penuh, bahwa dihadapan kita merupakan pengendara pemula atau baru belajar.

2. Jangan melakukan tindakan yang membuat panik pengendara pemula yang berada di depan kita, seperti misalnya dengan membunyikan klakson secara terus menerus.

3. Jaga jarak aman dan upayakan sejauh mungkin, agar terhindar dari risiko rem mendadak. Lalu posisikan jarak kendaran dengan tepat, agar memungkinkan kita punya ruang menyalip.

4. Upayakan untuk sesegera mungkin mendahului mobil pemula yang ada di depan, tentunya dalam keadaan aman. Ini dimaksudkan agar pengemudi pemula tidak merasa tergangu, yang membuatnya semakin gugup.

“Toleransi pengendara mahir kepada pengendara pemula sangat diperlukan, bahkan harus. Ini sebagai bentuk keharmonisan dalam berlalu lintas. Selain dari itu, yang mahir juga harus sadar kalau sebelumnya mereka juga pernah jadi pemula,” tutur Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com