Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Belanda Cetak Sejarah Baru di MotoGP

Kompas.com - 27/06/2016, 03:29 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Assen 2016 mencatatkan beberapa sejarah baru dalam kejuaraan balap motor dunia itu. Untuk pertama kali, jadwal balap di Negeri Tulip biasanya dihelat pada Sabtu, tahun ini digeser menjadi Minggu. Ini menabrak tradisi yang sudah berpuluh-puluh tahun ada, sejak 1925.

Selain itu, sejarah baru lain, adalah pebalap dari tim satelit Estrella Galicia Mark VDS Honda, Jack Miller, yang berhasil menjadi jawara di seri kedelapan MotoGP ini. Dalam balapan dramatis, Miller mampu mengalahkan nama-nama besar, seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, atau Dani Pedrosa.

(Baja juga: Rossi Jadi Tumbal di Assen)

Ini merupakan yang pertama kalinya sejak 10 tahun lalu, tepatnya 2006. Kala itu, pebalap Toni Elias yang memperkuat Fortuna Gresini Racing, tim satelit Honda, berhasil menjadi pemenang, di Sirkuit Estoril, Portugal, mengasapi Valentino Rossi yang ada di posisi kedua.

Setelah sepuluh tahun berlalu, Jack Miller hadir dan memecah rekor tersebut. Miller sendiri merupakan pebalap yang baru bergabung di MotoGP sejak 2015. Sebelumnya, pebalap muda asal Australia ini adalah pebalap Moto3, dan langsung melompat ke arena utama.

“Ini adalah momen yang sangat berharga. Saya sendiri sampai tidak bisa mengungkapkan apa yang saya rasakan. Tentu kami masih dalam tahap belajar. Datang dari Moto3 langsung MotoGP merupakan langkah besar,” ujar Miller mengutip Crash, Minggu (26/6/2016).

“Hasil ini juga merupakan hadiah untuk Honda, di mana mereka mempertaruhkan risiko mengangkat saya ke MotoGP dan menuai banyak kritik. Capaian ini, membuat semuanya jelas, bahwa kami tahu bagaimana mengendarai sepeda motor dan saya tidak idiot,” ucap Miller.

Pebalap Jatuh

Selain sang jawara “Jack Miller”, Sirkuit yang disebut sebagai "Katedralnya sepeda motor", juga membuat catatan baru sepanjang seri di musim 2016, di mana jumlah pebalap yang gagal menyelesaikan balap karena terjatuh cukup banyak. Total pebalap yang jatuh enam pebalap, termasuk Rossi, Dani Pedrosa, dan duet Ducati Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

(Baca : MotoGP Kehilangan Tradisi Balapan di Assen)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com