Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napas Chevrolet Spin Batal Berlanjut di India

Kompas.com - 22/06/2016, 13:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – MPV dengan bodi kotak, Chevrolet Enjoy, bakal berhenti diproduksi General Motors (GM) di India. Produksi terakhir, sekitar 3.900 unit, akan dilakukan bulan ini, menurut keterangan sumber kepada Economic Times India, Selasa (21/6/2016).

Setelah Enjoy habis, berarti tidak ada lagi MPV dari GM yang lahir di India. Belum lama, GM India juga menyatakan secara resmi tidak berniat menjual MPV Chevrolet Spin. Tadinya, India diprediksi jadi tempat kelahiran setelah GM di Indonesia menyetop produksi Spin pada tahun lalu.

CarnewsChina wuling Hongguang.
Enjoy adalah model rebadge dari perusahaan rekanan asal China, Wuling HongGuang. Meluncur di India pada 2013, lantas dapat penyegaran desain pada 2015.

Sama seperti di Indonesia, penjualan MPV dengan pilihan bodi agak "boxy" kurang disukai konsumen. Nissan Motor Indonesia juga punya masalah serupa buat Evalia.

Alasan lain, GM memang berencana menutup pabrik Halol yang selama ini memproduksi Enjoy. Rushlane menjelaskan seharusnya seluruh operasi berhenti pada Agustus 2016, tetapi kemudian diperpanjang hingga Maret 2017.

Bukan cuma Enjoy, GM juga dikatakan menghentikan penjualan model lain, yaitu Sail. Bedanya, Enjoy tanpa pengganti, sementara Essentia akan menggantikan Sail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com