Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transmisi Ala "Moge untuk Bebek" TVS

Kompas.com - 21/06/2016, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

New Delhi, KompasOtomotif – Akhir Mei lalu, TVS Motor Company mematenkan transmisi semi otomatis untuk digunakan pada sepeda motor. Besar kemungkinan teknologi itu akan digunakan untuk deretan bebek TVS yang dibuat dan dipasarkan di berbagai negara.

Inilah salah satu kemajuan yang didapat para pengguna sepeda motor dengan harga terjangkau, karena sistem perpindahan gigi ini biasanya hanya bisa ditemukan pada moge. Memindah gigi tak harus mencongkel dengan kaki, tapi pakai tangan melalui tombol pada setang.

Seperti dikutip Business Standar, (20/6/2016), perusahaan menyatakan bahwa pengoperasiannya sangat gampang. Tombol pada setang akan dihubungkan secara elektronik untuk tersambung dengan kopling yang akan memindah gigi, naik atau turun.

Pengguna pun semakin dimanjakan dengan tidak adanya gerakan pada kaki kiri untuk memindah gigi. Namun, sensasi sepeda motor dengan transmisi manual tetap bisa dirasakan.

Tidak adanya tuas perseneling pada kaki juga meminimalisasi kemungkinan selip saat kaki ingin menaikkan atau mengurangi gigi, sehingga mengurangi probalitas kecelakaan. Efek jauhnya, jika tidak ada selip, bahan bakar pun lebih efisien, diklaim mencpai 2-5 persen.

Memang, transmisi ini tidak akan menyaingi Dual Clutch Transmission (DCT) yang dipunyai Honda, seperti terpasang pada VFR1200F atau Africa Twin.

Milik TVS lebih memberikan pilihan baru untuk penggunaan motor harian yang makin nyaman. Transmisi semi otomatis ini akan mulai dioptimalisasikan untuk bebek Neo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com