Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Model Toyota Sedang Bergairah

Kompas.com - 21/06/2016, 08:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kinerja Toyota Indonesia di pasar ritel pada Mei 2016 tercatat apik, bahkan menjadi yang tertinggi sepanjang tahun. Sebanyak 33.624 unit mobil terjual dengan raihan market share mencapai 39 persen. Hal itu tak lepas dari pertumbuhan yang dialami semua model.

Dalam siaran resmi, (20/6/2016), Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, menyebutkan bahwa di tengah kompetisi yang semakin ketat dan perlambatan pertumbuhan pasar otomotif nasional, Toyota masih mampu mencatatkan kinerja positif.

”Pencapaian ini memberikan keyakinan lebih kuat bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016. Pada bulan-bulan mendatang, kami berharap kinerja Toyota dan pasar otomotif nasional dapat terus membaik hingga akhir tahun,” ujar Henry.

Semua segmen kendaraan penumpang Toyota tumbuh signifikan. Dibandingkan April 2016, pertumbuhan tertinggi pada Mei dicapai segmen sedan, 47,9 persen. Lalu diikuti SUV yang tumbuh 19,4 persen, 4x4 tumbuh 12,3 persen, hatchback berkembang 7,4 persen, dan MPV tumbuh 3,5 persen.

Avanza masih menjadi kontributor utama dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara hasil memuaskan segmen sedan ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh tiga kali lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei. Lalu, segmen SUV di pasar ritel bulan lalu mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua, sebesar 19,4 persen.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo dengan kapasitas tujuh penumpang berhasil mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.418 unit, atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan April 2016.

Sementara, pada periode yang sama, All New Fortuner yang diluncurkan awal tahun ini masih memimpin segmen high SUV dengan penjualan 3.007 unit, market share 58,4 persen di kelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com