Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Rins Resmi Tunggangi Suzuki Mulai 2017

Kompas.com - 20/06/2016, 18:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Valencia, KompasOtomotif – Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan Alex Rins untuk menunggangi GSX-RR MotoGP selama dua musim, mulai tahun depan (2017). Rins akan mengisi tempat yang ditinggalkan Maverick Vinales, dan akan bertandem dengan Andrea Iannone.

Alex Rins Navarro, begitu nama lengkapnya, dipilih bukan tanpa alasan. Pemuda kelahiran 8 Desember 1995 itu tahun ini sudah menang dua kali di ajang balap Moto2 tahun ini, dan memimpin perolehan poin sementara.

Sebelumnya, dia punya status sebagai runner up Moto3 tahun 2013. Saat mulai beranjak ke Moto2 pada 2015 lalu, dia mengakhiri musim juga di posisi runner up. Hasil itu membuat Rins terpilih sebagai Rookie of The Year karena mengoleksi dua podium pertama, 10 total podium, dan tiga pole position.

Atas kesepakatan ini, otomatis kerjasama antara Suzuki dan Aleix Espargaro akan selesai di akhir musim 2016. Selanjutnya, tim Suzuki Ecstar dan SMC akan bahu-membahu mewujudkan puncak pengembangan GSX-RR menjadi kampiun musim depan.

Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki Ecstar mengatakan dalam siaran resmi (20/6/2016), bahwa Rins adalah pebalap muda yang sudah membuktikan punya bakat, selalu bertarung menjadi yang terdepan, bahkan sudah bisa dilihat sejak debut di setiap kelas.

”Memasangkan Andrea Iannone, pebalap berpengalaman, dengan Alex, pebalap muda yang penuh semangat, adalah kombinasi yang baik untuk tujuan kami. Kami percaya duet ini akan semakin memperbaiki pengembangan Suzuki GSX-RR di level maksimum,” kata Brivio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com