Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Bicara soal Sedan

Kompas.com - 20/06/2016, 13:39 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tahun ini semakin serius menggarap mobil penumpang, salah satu buktinya yaitu dengan mengadirkan model sport utility vehicle (SUV) dan pikap, MU-X dan D-MAX. Isuzu ternyata tidak ingin terjebak dalam zona nyaman, hanya bermain untuk mobil komersial.

Namun, setelah punya SUV, pikap dan multi purpose vehicle (MPV) untuk line up jualan, apakah Isuzu akan kembali memproduksi mobil kompak atau sedan? Keiji Takeda, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, pihaknya sudah tidak lagi berpikir ke arah tersebut.

“Memang, Isuzu itu merupakan merek kendaraan yang cukup lama hadir dan juga pernah memproduksi mobil sedan (Bellel dan Bellett), hampir sama dengan Toyota. Dari awal hadir sampai setidaknya tahun 1990-an, kami masih memproduksi truk dan sedan, tetapi akhirnya kami tekad fokus hanya memilih salah satu,” ujar Keiji kepada KompasOtomotif, Rabu (15/6/2016).

Keiji menceritakan, setelah berpikir panjang, Isuzu Jepang akhirnya memutuskan, untuk lebih fokus pada kendaraan komersial, dan meninggalkan sedan yang juga cukup lama menemani eksistensi Isuzu. Komitmen itu yang sampai saat ini terus dipegang, jadi jenis sedan (mobil kompak) sudah tidak lagi akan diproduksi.

“Jadi akhirnya kami pikir, akan lebih bagus kami konsentrasi ke salah satu saja, yaitu komersial atau truk.  Walaupun akan menggarap segmen mobil penumpang seperti saat ini, namun basisnya model mobilnya tetap komersial atau truk, seperti semacam SUV dan pikap, MU-X dan D-MAX,” ujar Keiji.

“Memang diakui kalau pasar mobil kompak atau sedan kecil cukup lumayan, tapi pemainnya juga banyak. Jadi, kami tetap fokus pada yang kami sudah miliki saat ini,” ujar Keiji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com