Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Ekspor Sepeda Motor Masih Besar

Kompas.com - 20/06/2016, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif  - Lima bulan pertama tahun ini, ekspor sepeda motor yang diproduksi di Indonesia mengalami peningkatan cukup tajam. Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat ada kenaikan 77,25 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum AISI membenarkan pernyataan tersebut, pasalnya tren penggunaan sepeda motor bermesin kecil di wilayah Eropa dan sekitarnya mengalami perkembangan positif. Ini lantaran pola pikir rasional mereka yang tumbuh, terkait efisiensi moda transportasi untuk tujuan-tujuan dekat.

“Jadi tren ini memunculkan sebuah peluang yang sangat  baik di tahun 2016. Ini juga merupakan tantangan bagi para produsen sepeda motor yang ada di Indonesia. Saya yakin tren ini akan semakin meningkat, dan semakin terbuka lebar kesempatannya,” ujar Gunadi kepada KompasOtomotif, Minggu (19/6/2016).

Gunadi melanjutkan, para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia, mesti jeli melihat kesempatan ini, Mereka seharusnya secara aktif bahkan agresif, mulai melakukan penetrasi-penetrasi produknya ke wilayah-wilayah tersebut.

“Ini bukan lantaran daya beli mereka yang menurun, namun hanya sebuah kesadaran mereka akan efisiensi penggunaan sepeda motor untuk aktivitas jarak pendek. Jadi mereka tidak harus menggunakan mobil dan sepeda motor berkubikasi besar, yang nota bene kurang efisien,” ujar Gunadi.

Gunadi meyakini, kalau tren positif penggunaan sepeda motor dengan kubikasi kecil ini akan terus meningkat. Jika berhasil dimanfaatkan, imbasnya tentu jumlah ekspor sepeda motor Indonesia yang akan tumbuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com