Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Buatan Indonesia Bersaing di Eropa

Kompas.com - 20/06/2016, 03:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tren penggunaan sepeda motor berkapasitas mesin kecil sedang meningkat di Eropa. Ini jadi kesempatan baik bagi para produsen-produsen sepeda motor, yang memproduksi unitnya di Indonesia.

Namun, apa sanggup produsen kendaraan roda dua Tanah Air bersaing dengan produk-produk lokal di eropa? Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyatakan tidak gentar, dengan hal tersebut.

“Ini merupakan peluang besar untuk ekspor sepeda motor, jadi jangan dilewatkan. Terkait dengan persaingan terhadap produk lokal di sana, seperti Italia dan Spanyol, tidak perlu khawatir, kita memilkii kekuatan juga untuk berkompetisi,” ujar Gunadi kepada KompasOtomotif, Minggu (19/6/2016).

Gunadi melanjutkan, produsen-produsen sepeda motor yang ada di Italia dan Spanyol misalnya, kebanyakan memproduksi mesin besar. Lalu ketika mereka ingin masuk ke mesin kecil, kemungkinan teknologinya tidak seperti yang dimiliki merek Jepang yang produksi di Indonesia. Meski bermesin sederhana dan kompak, namun bisa memenuhi standar kualitas yang tinggi di Eropa.

“Lebih dari urusan mesin, mereka itu volume produksinya tidak sebesar kita, oleh karena itu, harga yang kita tawarkan juga bisa sangat kompetitif. Jadi kita ini memiliki peluang yang sangat besar untuk melakukan itu, ini intinya,” ujar Gunadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com