Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Aksi Supra GTR di Jalan Ibu Kota

Kompas.com - 19/06/2016, 03:10 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 Jakarta, KompasOtomotif – Segmen sepeda motor bebek sport Tanah Air, baru saja kedatangan anggota keluarga, Honda Supra GTR 150. Meski modelnya anyar, tetapi nama “Supra” sendiri sudah melekat di benak masyarakat Indonesia sejak lama.

Memiliki tampang dan performa yang jauh berbeda dari Supra “Jadul”, mengundang rasa penasaran untuk mencobanya. Berselang hampir satu bulan sejak peluncuran, KompasOtomotif akhirnya berkesempatan menjajal pesaing Yamaha MX King ini, untuk dikendarai di jalan Ibu Kota.

Posisi berkendara

Setelah menggeser Honda Supra GTR 150 dari posisi parkir ke siap jalan, KompasOtomotif lantas mulai menaikinya. Kesan pertama yang langsung terasa, adalah jok yang sedikit keras, namun posisi duduk nyaman ala sepeda motor “bebek” bisa didapatkan.

Tinggi tubuh pengendara 171 cm, membuat kaki menapak sempurna pada aspal dalam kondisi duduk. Setelah beradaptasi beberapa saat, untuk mendapat posisi terbaik, mesin lalu dihidupkan, dan Supra GTR siap diajak menjelajah jalan umum.

Otomania/Setyo Adi Test ride all New Supra GTR 150

Dari pengalaman KompasOtomotif, bebek terbaru Honda ini menghadirkan posisi berkendara yang siap untuk jarak jauh. Tubuh terasa hampir tegak, dengan posisi pijakan kaki yang ideal, membuat pengemudi tidak cepat lelah.

Saat diajak bermanuver dan meliuk-liuk dalam kemacetan, Supra GTR 150 memang sedikit lebih kaku jika dibanding dengan Honda Sonic, tapi masih terasa mumpuni dan nyaman, serta masih mudah dikendalikan.

Performa

Dari sisi performa, Supra GTR 150 dibekali dengan mesin yang galak pada tarikan bawah, dan tidak loyo saat putaran mesin atas.  Di setiap perpindahan transmisi, KompasOtomotif merasakan akselerasi responsif, terutama dari posisi transmisi satu sampai ketiga.

Sesekali mendapat kesempatan melalui jalan lurus panjang dan tidak padat, Supra kemudian coba digeber, dan tenaga yang dimuntahkan, ternyata sanggup membuatnya melesat, meski dengan bobot pengemudi 93 kg.

Di atas kertas, tenaga maksimal bebek sport baru Honda ini mencapai 15,58 tk (15,9 PS) @9.000 rpm, sementara torsi 13,5 Nm @6.500 rpm. Kecepatan maksimum diklaim mencapai 122 kpj.

Kesimpulannya, bebek sport terbaru dari Astra Honda Motor (AHM) ini, memiliki aura sport yang kental, baik secara desain ataupun spesifikasi, namun tetap nyaman dikendarai di dalam kota.

Otomania/Setyo Adi Test ride all New Supra GTR 150

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com