Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulik Spesifikasi Motor ”Adventure” Murah Semarang

Kompas.com - 14/06/2016, 09:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Triangle Motorindo (TM) sedang melakukan pengujian dan penjajakan sepeda motor adventure dengan banderol murah di Indonesia. Motor itu mejeng di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016, di bawah komando merek Viar.

Estimasi harganya berkisar Rp 50 jutaan, meski angka itu masih bisa naik atau justru lebih murah lagi. Satu hal yang sudah pasti, sepeda motor akan diambil dari China dengan merek Zhong Zhen. Di Eropa dan Amerika, motor ini juga dijual dengan nama Cyclone RX3.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda PT Triangle Motorindo belum bisa memastikan soal spesifikasi lengkap dan resmi.
Kendati demikian, Viar tak mau mentah-mentah ambil jadi dari China, lalu dipasarkan sama persis. Perusahaan berniat membongkar dan merakit ulang dengan komponen lokal yang lebih besar. Artinya, spesifikasi juga masih bisa berubah.

”Kalau ada vendor lokal yang bisa bikin komponennya, lebih baik untuk menekan cost,” ucap Frengky Osmond, Marketing Communication TM, saat berbincang dengan KompasOtomotif, (11/6/2016).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Rangka kokohnya dipakai untuk menopang mesin 250 cc 1 silinder dengan radiator.
Gambaran spesifikasi
Lalu apa kelebihan motor ini selain harganya yang sangat terjangkau untuk ukuran motor adventure? Ternyata cukup banyak juga fitur fungsional yang diemban motor ini. Mesin pakai kapasitas 250 cc, silinder tunggal dengan radiator.

Tengok ke atas, panel indikator cukup lengkap. Selain penunjuk kecepatan, ada indikator jam, suhu, dan takometer. Ada fitur charger ponsel untuk menjaga daya baterai GPS atau telepon genggam.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Panel meter cukup lengkap.
Dari rangka dan kaki-kaki tampak kokoh, cukup kuat menopang beban motor yang cukup berat. Tampang prototipe ini sudah dilengkapi boks tambahan berbahan aluminium di belakang.

Frengky belum bisa memastikan, apakah nanti jika sudah mulai diproduksi di pabrik TM di Semarang, Jawa Tengah, motor ini akan keluar dengan tampang yang sama atau sudah berubah menyesuaikan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com