Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Peluang ”MPV Murah” Wuling di Indonesia

Kompas.com - 13/06/2016, 15:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Trauma dengan merek kendaraan China? Tahan dulu, kita lihat kiprah pemain yang satu ini di Indonesia dalam waktu dekat. SAIC General Motor Wuling (SGMW) sudah memutuskan untuk serius masuk ke pasar otomotif nasional pada 2017 dengan duet MPV murah.

Jika tak ada aral, Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730, MPV yang diklaim laris di negara asalnya, bakal menyapa publik lewat Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2016, Agustus mendatang. Apakah duet ini sanggup merebut hati orang Indonesia yang kolot dan fanatik dengan merek? Bisa jadi.

Bukan tanpa alasan, SGMW Motor Indonesia sudah berkali-kali memberi penegasan soal komitmen mereka untuk menjejakkan kaki di sini. Investasi 700 juta dollar AS (Rp 9,7 triliun) demi pabrik di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat, menjadi salah satu bukti.

Rombongan Kementerian Perindustrian juga sudah diundang terbang ke China, melihat langsung calon mobil yang akan dijual di Indonesia, sekaligus melihat fasilitas produksi sebagai merek besar di negaranya.

Kompas.com/ Bambang PJ Baojun 730 produksi SGMW
Intinya, mereka bukan cuma numpang jualan dan lari bawa duit, tapi berniat membangun dinasti. Bahkan pekan lalu, Presiden SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun, di depan wartawan, menyatakan komitmen perusahaan untuk membangun paling tidak 50 diler resmi hingga 2017.

Perusahaan patungan dari China yang akan memproduksi MPV merek Wuling itu tak hanya menyiapkan pabrik, tetapi juga rantai pasokan serta semua hal yang berhubungan dengan layanan purna jual.

Feiyun juga menyatakan bahwa hal ini dilakukan agar kelak ketika produk mulai dijual, konsumen tak perlu lagi meragukan keberadaannya. Bahkan mobil China produksi Cikarang itu juga akan menjadi barang ekspor ke kawasan ASEAN.

Duet MPV
Lalu, bagaimana kelangsungan nasib duet MPV China ini jika dipasarkan nanti? Memang masih menjadi teka-teki. Tapi melihat fondasi dan keseriusan yang dibangun SGMW Indonesia, paling tidak nasibnya bakal lebih baik dari merek China lainnya yang pernah singgah.

Alasan utama, karena model yang dibawa adalah MPV sejuta umat. Wuling Hongguang S1 akan menyasar segmen Low MPV, bersaing dengan model sekelasnya, seperti duet Avanza-Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan lainnya. Sedangkan, Baojun 730 bakal menyasar ke segmen sedikit di atasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com