Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vios Siap Ganti "Jeroan" di Indonesia

Kompas.com - 10/06/2016, 14:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Saat Toyota Vios 2016 dikenalkan di Thailand pada Maret lalu, ketahuan kalau sedan mini itu menggunakan mesin baru, 2NR berkapasitas 1.5L plus pilihan continously variable transmission (CVT). Di Indonesia,  sekarang telah dikonfirmasi, Vios akan mengalami hal serupa.

“Ya ikutlah (Vios baru seperti di Thailand), kami penuhi permintaan konsumen seperti apa,” kata Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, di Jakarta, Jumat (9/6/2016).

Kendati mau bicara, tapi Warih enggan membeberkan kapan produksi Vios terbaru mulai dilakukan.

Toyota Motor Thailand New Vios 2016 menggunakan mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.
Vios dirakit lokal di Thailand, begitu juga di Indonesia oleh TMMIN. Ketika Toyota Thailand melepas New Vios, pada momen yang bersamaan, TMMIN juga meresmikan pabrik ketiga di Karawarang, Jawa Barat, yang khusus memproduksi mesin, salah satunya 2NR.

Sebulan kemudian, April, Toyota Sienta muncul pertama kali di Indonesia. MPV mengotak dengan pintu geser itu menggunakan mesin 2NR plus CVT yang diproduksi di Indonesia. Mesin sejenis ini akan digunakan pada Vios sekaligus saudaranya model hatchback, Yaris.

Toyota Thailand mengklaim mesin 2NR 1.5L dan CVT pada Vios meningkatkan konsumsi bahan bakar. Sebelumnya Vios menggunakan mesin lama, 1NZ-FE dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com