Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor KTM untuk MotoGP Apa Kabar?

Kompas.com - 07/06/2016, 09:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Brno, KompasOtomotif – Tontonan menarik yang disuguhkan para jagoan di MotoGP sedang asyik-asyiknya dinikmati dengan persaingan yang sengit. Tapi jangan lupakan juga para penantang yang siap menjegal, tak terkecuali KTM. Bagaimana kabar terakhir?

Seperti rencana mereka yang akan nongol perdana musim tahun depan, segala persiapan terus dikebut. Paling krusial, sepeda motor. KTM RC16 terakhir diuji di Sirkuit Brno, Republik Ceko, sehari menjelang berlangsungnya seri balap MotoGP di Catalunya, Spanyol.

Inilah tes kelima mereka tahun ini untuk mengejar data demi membangun paket terbaik. Seperti pada tes sebelumnya di Misano, Mika Kallio (Finlandia) dan Karel Abraham (Republik Ceko) bertindak sebagai test rider. Mereka memacu motor lebih dari 300 putaran dengan kondisi cuaca yang sangat baik.

Tidak ada data soal catatan waktu, namun Mike Leitner, mantan kepala kru mekanik Dani Pedrosa di Repsol Honda yang kini menjadi Vice President tim KTM MotoGP mengatakan, uji coba kemarin sangat memungkinkan tim untuk mencoba berbagai hal.

”Semua berjalan baik, ada perkembangan performa dan para test rider merasa puas. Kami mengonfirmasi bahwa hasil positif ini akan terus kami kembangkan untuk tes selanjutnya dengan Randy de Puniet yang akan pegang kendali dan memberi feedback,” ucap Leitner dalam siaran resmi.

Secara umum, konsentrasi perbaikan KTM RC16 saat ini terletak pada rigiditas lengan ayun dan rangka. Di sisi lain, kata Sebastian Risse Direktur Teknik tim, konsentrasi juga terpecah untuk pengembangan di area elektronik, dan ini butuh kondisi trek yang normal dan ban yang sesuai.

Mika Kallio pun berkomentar bahwa sepeda motor saat ini semakin mudah dikendalikan. Alasannya, komponen elektronik semakin membaik, dan kedua, perubahan pada garpu depan yang membuat sepeda motor mudah untuk belok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com