Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia akan Larang Jual Mobil Berteknologi Konvensional

Kompas.com - 07/06/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Teknologi mesin kendaraan dengan sistem pembakaran internal (mesin konvensional) nampaknya secara perlahan akan ditinggalkan. Walaupun itu masih dalam jangka waktu panjang, beberapa merek sudah gencar mengkampanyekan mobil dengan penggerak listrik atau hibrida.

Mengutip Carscoops, Senin (6/6/2016), Norwegia merupakan salah satu negara yang menyambut baik dan mendukung hal tersebut. Dari kabar yang beredar di surat kabar Dagens Næringsliv, Norwegia berencana melarang penjualan mobil bensin dan diesel pada 2025.

Mendengar kabar tersebut, Elon Musk, CEO Tesla mengungkapkan kebahagiannya dengan mengunggah foto halaman depan surat kabar tersebut, dan disertai dengan caption, "Just heard that Norway will ban sales of fuel cars by 2025. You guys Rock!!.”

“Baru saja mendengar kalau Norwegia akan melarang penjualan mobil berbahan bakar minyak (bensin dan solar) pada 2025. Kalian Keren!!,” ungkap Musk.

Sampai saat ini, empat partai politik Norwegia sudah setuju tekait dengan rencana tersebut. Namun  atuan ini masih belum disahkan, lantaran ada dua partai yang belum sepakat. Saat ini sudah sekitar 24 persen kendaraan yang beredar di Norwegia berpenggerak motor listrik.

Selain itu, rencana transportasi progresif Norwegia mengusulkan, untuk melarang semua kendaraan pribadi masuk ke pusat kota Oslo apda 2019. Regulasi ini dituukan agar menciptakan suasana kota yang semakin layak huni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com