Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Bicara Peluang Jazz Turbo

Kompas.com - 07/06/2016, 04:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Bulan lalu model facelift Honda Fit/Jazz telah muncul di salah satu majalah Jepang. Sejak saat itu berbagai informasi merebak termasuk soal pilihan mesin baru, 1.0L turbo. Sayangnya, peluang Jazz menjadi model kedua Honda dengan mesin turbo di Indonesia tipis.

Pihak Honda Prospect Motor (HPM) menilai tidak ada benefitnya menawarkan mesin 1.0L turbo pada Jazz. Kasusnya berbeda seperti All-New Civic bermesin 1.5L turbo yang sudah dijual sejak April lalu.

HPM hanya menjual Civic terbaru dengan satu pilihan mesin, 1.5L turbo, keputusan ini dianggap menguntungkan sebab model itu masuk golongan kena Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 30 persen. Pilihan mesin Civic yang lain, 1.8L non-turbo, ditangguhkan karena masuk golongan kena PPnBM 40 persen.  

Beban pajak lebih besar berarti harga jual ke pasaran lebih tinggi. Selain itu, mesin Civic 1.5L turbo menghasilkan tenaga dan torsi jauh lebih tinggi dari 1.8L, jadi menawarkan dua pilihan dianggap mubazir.

Jazz

Hatchback Jazz masuk golongan kena PPnBM 10 persen untuk kapasitas mesin kurang dari 1.500cc. Jika saja, 1.0L turbo yang dijual maka beban pajaknya tidak berubah. Tapi, harga jualnya bisa terangkat karena teknologi turbo lebih mahal.

“Turbo kan mahal, kalau kami taruh di Jazz, ya ke depannya mungkin saja, tapi kalau di Jazz harganya kan naik dan enggak ada benefitnya,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, di Bogor, Jumat (3/6/2016).

Civic generasi kesepuluh adalah model pertama dengan mesin turbo yang ditawarkan Honda di Indonesia. Sebelumnya memang sudah banyak model dengan mesin turbo di dalam negeri, tapi teknologi tenaga induksi itu terhitung masih belum mainstream. Jadi, pemakaian dan perawatannya masih perlu diedukasi ke konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com