Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Menargetkan Bisa Menjual Otonom pada 2020

Kompas.com - 06/06/2016, 16:26 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda akhirnya mulai turut serta mengembangkan mobil tanpa pengemudi. Inovasi yang dilakukan Honda ini mengangkat lagi namanya, sebagai merek yang punya kemampuan baik mengembangkan teknologi terbaru.

Mengutip Autonews.com, Senin (6/6/2016), demonstrasi mobil autonomous (tanpa pengemudi) yang dilengkapi dengan beberapa fitur semi-otonom, dilakukan Honda di GoMentum Station, yang memiliki lahan seluas 2.100 acre atau 849 hektar.

Honda memberikan foto cuplikan mengenai proses pengetesan kendaraan otonom miliknya, dengan menampilkan dummy manusia. Pihak Honda menargetkan, kalau beberapa fitur semi-otonom miliknya, bisa mulai diaplikasikan pada produknya di 2020.

“Target utama kami adalah di tahun 2020, kami berharap teknologi ini sudah bisa digunakan di jalan raya.  Beberapa sistem tersebut memungkinkan mobil untuk secara otomatis melakukan perubahan jalur, masuk dan keluar jalur jalan,” ujar Jim Keller, Chief Engineer Honda R&D Amerika khusus kendaraan otonom.

Lebih dari itu, Keller melanjutkan, kalau nantinya teknologi baru tersebut, bukan hanya bisa diaplikasikan pada kendaraan Honda, tetapi juga memiliki harga yang terjangkau. "Idenya lagi adalah untuk membawa teknologi ini kepada masyarakat dengan harga yang wajar atau terjangkau," kata Keller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com