Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Mulai Hapus Mobil Diesel di Masa Depan

Kompas.com - 06/06/2016, 08:24 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif – Berkaca pada kasus dieselgate Volkswagen (VW), Volvo sudah mulai ancang-ancang untuk tidak memproduksi mobil bermesin diesel di masa mendatang. Merek asal Swedia itu, akan fokus memperkenalkan kendaraan dengan jantung pacu bensin hingga teknologi hibrida.

“Ini merupakan alternatif yang sangat menarik untuk menggantikan mesin diesel. Mesin bensin dan hibrida lebih ramah lingkungan, tenaga dan torsi juga tidak kalah besarnya dengan diesel,” kata CEO Volvo Hakan Samuelsson seperti dikutip laman Car&Driver, Senin (5/6/2016).

Baca juga: Volkswagen Rugi 87 miliar dollar AS karena “Dieselgate”

Samuelsson menambahkan, ke depan, crossover bermesin diesel harganya semakin mahal, tetapi yang hibrida lebih murah. Sebab, secara teknologi dipercaya terus berkembang dan permintaan dari konsumen juga tinggi.

“Maksudnya, menggunakan mobil diesel, Anda nantinya harus mengeluarkan uang untuk membeli cairan khusus yang digunakan ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM). Kami cukup fleksibel, kita akan mengikuti perkembangan zaman,” ujar Samuelsson.

Dalam jangka waktu panjang, Samuelsson menambahkan, Volvo akan meluncurkan 40 model. Semuanya menggunakan Compact Modular Architecture (CMA), yang merupakan platform baru dan bisa digunakan untuk kendaraan listrik atau hibrida plug-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com