Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JRL Kembali Gugat Merek China yang Jiplak Evoque

Kompas.com - 05/06/2016, 10:31 WIB
Aditya Maulana

Penulis

London, KompasOtomotif – Masih ingat dengan Landwind X7 yang merupakan sport utility vehicle (SUV) asal China dengan wujud mirip Range Rover Evoque? Model ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Guangzhou Auto Show 2014 dan kini sudah dijual dengan banderol Rp 266 juta atau sepertiga lebih murah dari Evoque.

Dilansir laman reuters, Minggu (4/6/2016), meski sempat tidak peduli, namun akhirnya Jaguar Land Rover (JRL) kembali mengambil keputusan. Merek asal Inggris itu menggugat Jiangling Motor, karena diduga menjiplak desain Evoque.

Baca juga: Lebih Detail dengan Range Rover Evoque “KW”

Salah seorang juru bicara JRL, mengatakan, pengadilan di Chaoyang Timur Beijing sedang mempermasalahkan mengenai hak cipta. Langkah ini sudah masuk dalam kategori persaingan yang tidak sehat.

Indianautosblog Interior berbeda jauh dari versi Range Rover Evoque.

Ironisnya, kemunculan Evoque ”KW” itu bersamaan dengan meluncurnya Evoque versi rakitan lokal China oleh JLR. Meski dari luar sepintas sama, namun di dalam lumayan banyak beda.

Paling kentara adalah panel istrumen, setir, hingga konsol tengah yang desainnya mempunyai ciri khusus. Landwind X7 ditenagai mesin dari Mitsubishi 2.0L empat silinder turbo dengan tenaga maksimal 190 tk dan torsi 250 Nm. Transmisi dua pilihan, 6-percepatan manual dan otomatis 8-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com