Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Mobkas Daerah Mulai “Serbu” Jakarta

Kompas.com - 03/06/2016, 07:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, tradisi yang selalu mengihiasi penjual mobil bekas (mobkas), yakni kedatangan pedagang dari luar Jakarta. Hal itu dilakukan karena tren pembelian di daerah akan ikut melonjak.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Pemasaran bursa mobkas WTC Mangga Dua, mengungkapkan, kejadian itu sudah mulai dirasakan satu pekan lalu. Para pebisnis mobkas di tempatnya ini mengaku dibanjiri pembeli dari luar daerah.

“Biasanya dari seluruh daerah mencai mobil ke sini (WTC Mangga Dua), tetapi informasi dari pedagang untuk satu pekan lalu masih berasal dari Jawa dan Sumatera,” kata Herjanto saat berbincang dengan KompasOtomotif,  Kamis (2/6/2016).

Herjanto melanjutkan, mobil yang dibeli langsung dibawa ke daerah masing-masing. Nantinya dijadikan stok sampai menjelang lebaran, karena menurut pengakuan pebisnis mobkas di daerah, tren penjualan ikut meningkat tajam.

“Ada yang langsung dibalik nama, dan lain sebagainya. Jenis mobil yang banyak dibeli seperti Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga dan model lainnya,” ujar Herjanto.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Rudi, salah seorang pebisnis mobkas di MGK Kemayoran. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi memamng benar pedagang dari daerah sering mencari mobil di Ibu Kota.

“Beberapa hari lalu sempat ada pedagang mobkas dari Semarang yang membeli mobil di tempat saya. Menurut mereka, stok di daerah sedikit sehingga tidak mampu memenuhi permintaan pasar,” kata Rudi kepada KompasOtomotiof, Kamis (2/6/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com